SUARA

Dana Sudah Siap, RS Konawe Segera Dibangun

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Pembangunan Badan Layanan Umum Daerah Rumah Sakit Umum Daerah (BLUD RSUD) Konawe segera digarap. Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa mengungkapkan dana pembangunan untuk RS tersebut telah siap.

Dikatakan Kery, pihaknya tengah menunggu kabar suku bunga Pusat Investasi Pemerintah (PIP) merendah. Berdasarkan edaran dari Kemenkeu, suku bunga pinjaman akan mengalami penurunan hingga 1 persen. “Kita menunggu sampai tanggal 28 Juni ini. Katanya akan ada penurunan suku bunga. Nah, ini yang kita kejar. Kalau memang benar kita langsung tanda tangan kontraknya, karena itu sangat menguntungkan kita,” jelas Kery.

Menurut mantan Ketua DPRD Konawe itu, pinjaman Pemda Konawe di PIP senilai Rp200 milliar lebih. Dana tersebut akan turun sekaligus. Namun untuk pengerjaan RS akan dilakukan secara bertahap. “Dananya akan turun langsung, tetapi pengerjaan proyeknya bertahap. Sudah ada beberapa perusahaan yang meminta untuk menangani proyek tersebut,” terangnya.

yamaha

 

Kery mengungkapkan, awalnya pihaknya berencana menerapkan sistem Kerja Sama Operasi (KSO) dengan pihak swasta. Kerja sama tersebut memungkinkan swasta bisa menyediakan perlengkapan medis, semisal yang ada di ruang operasi. Sebagai timbal balik, akan dilakukan bagi hasil antara Pemda dengan pihak yang bekerja sama. 

“Tetapi ternyata kita belum bisa KSO, karena RS kita ini masih tipe C,” imbuhnya. 

Kery menambahkan, jika RSUD Konawe itu sudah jadi maka akan menjadi RS kabupaten/kota termegah di Sultra. Selain dari sisi bangunan, fasilitas medisnya pun akan semakin lengkap. Bahkan beberapa peralatan utama didatangkan langsung dari produsen alat kesehatan di Jerman.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.