Daratkan Maskapai di Wakatobi, Sekda Minta Pertolongan Menteri

  • Bagikan
Sekretaris Daerah Wakatobi, Muh. Ilyas Abibu. (Foto: Amran Mustar Ode/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Maskapai penerbangan Garuda Indonesia terancam gagal masuk ke Wakatobi. Pasalnya Pemerintah Daerah Wakatobi tidak menyanggupi permintaan PT Garuda Indonesia untuk mensubsidikan penerbangan setiap bulan Rp1 miliar.

“Kalau kursi pesawat ada 60 dan dalam penerbangannya, tidak terisi semua maka kita yang akan bayar semua,” terang Sekretaris Daerah Wakatobi, Muh. Ilyas Abibu, Jumat (16/6/2017).

Menurut dia, kondisi anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Pemda Wakatobi masih sangat minim untuk mensubsidikan penerbangan sebesar itu. Sehingga ia berharap Pemprov Sultra dan Pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pariwisata maupun Kementerian Perhubungan bisa turut membantu dalam mensubsidikan maskapai Garuda Indonesia guna mendarat di Wakatobi.

“Ini harus ada kolaborasi pihak terkait, karena ini untuk menunjang pariwisata Indonesia. Jangan semua dibebankan ke Pemda Wakatobi, karena ini program pusat,” jelas Ilyas.

Sehingga saat rapat bersama Kementerian ia juga telah menyampaikan maksud tersebut di forum dan sedang diproses kementerian.

Padahal sebelumnya Menteri Perhubungan mengatakan bulan April 2017 Garuda Indonesia Masuk Wakatobi.

(Baca: Pemda Wakatobi Tidak Sanggup Penuhi Permintaan PT Garuda Indonesia)

Laporan: Amran Mustar Ode

  • Bagikan