SUARA

Dari Papua, Dua Warga Butur Dinyatakn Positif Covid-19

SULTRAKINI.COM: BUTON UTARA – Tim Gugus tugas Covid-19 Kabupaten Buton Utara (Butur) melaporakn ada dua kasus positif Covid-19 batu di Butur. Keudanya diketahui pasien laki-laki 002 (21 tahun) dan pasien laki-laki 003 (29 tahun) dari wilayah kerja Puskesmas Lambale, Kecamatan Kulisusu Barat.

Sebelumnya, kedua pasien dinyatakan positif berdasarkan hasil pemeriksaan sampel pada 8 Juli 2020 di Balai Litbangkes Papua. Kemudian tiba di wilayah Buton Utara sekitar pada 14 Juli pukul 14.00 WITA melalui jalur darat dari Kota Bau-Bau.

Kedua pasien ini datang dari Papua bersama dua rekannya yang sala satunya merepukan warga Baubau. Dan keempat melakukan test swab di Papua, hasil 3 orang dinyatakan positif (satunya warga Baubau).

Juru Bicara Gugus tugas Covid-19 Butur, dr. Muh Ali Badar l, mengatakan laporan kasus pasien positif Corona ini  berasal dari Waculae. Rencana kedua pasien tersebut di karantina di RSUD Butur pada Kamis, 16 juli 2020. Namun berhubung tracking atau pelacakan kasus belum tuntas, maka pihaknya menjadwalkan pada 17 juli 2020.

yamaha

“Karena jika ada kontak dengan pasien seperti keluarga atau tetangganya, sekalian kita bawa ke RSUD untuk dikarantina terpisah dan dijadwalkan pengambilan sampel swab yang kontak erat,”ujar dr.ali, Kamis (16/7/2020).

Dijelaskannya, hingga saat ini laporan survailance, pasien tidak ada kontak erat dengan orang sekitar desa Waculaea.

Ia menambahkan, dari hasil tracking atau pelacakan, pasien kontak erat dengan sopir mobil umum yang di tumpang beserta 3 penumpang lainnya. Kontak erat tersebut dijadwalkan akan ditest swab.

“Hingga hari ini, hasil pemantauan survailance dalam kondisi stabil kedua pasien,” tutupnya. (B)

Laporan: Ardian Saban
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.