Datangi Rumah Pintar Laelangi, KNPI Murhum Pulang Membawa Ilmu

SULTRAKINI.COM: BAUBAU – Rumah pintar Laelangi, kedatangan tamu para pengurus Komite Nasional Pemuda Indonesia Kecamatan Murhum. Program rumah dari Komisi Pemilihan Umum Daerah Kota Baubau tersebut, memberikan edukasi kepada KNPI terkait seluk beluk pemilihan kepala daerah yang baik dan benar.

“Kedatangan kami sebagai tujuan memastikan ruang ekspresi kedaulatan rakyat dan memgetahui cara pembuatan kebijakan yang bisa melahirkan wakil rakyat atau pemerintahan berkualitas melalui pemilu,” kata Ketua KNPI Kecamatan Murhum, Asrul Salam, Senin (5/6/2017).

Dalam kunjungan itu, Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat KPUD Kota Baubau, Mamnun Laidu memberikan sejumlah informasi terkali pemilihan umum, pemilih, syarat pemilih, varian pemilih dan struktur penyelenggara secara berjenjang.

Sejumlah ilmu diberikan misalnya, macam-macam pemilih dalam pemilihan umum, yakni pemilih terdaftar dalam pemilih tetap, daftar pemilih pindahan dan pemilih tambahan. Ada juga ketentuan aparatur sipil negara dalam penyelenggaraan pemilu. ASN dapat terlibat pada pemilu sepanjang memenuhi syarat yang ditentukan KPU.

Begitu juga syarat menjadi pasangan calon kepala daerah yang nantinya terlibat dalam pemilu dengan jalur partai politik atau perorangan. Mamnun berkesempatan menyajikan data 2014, sehubungan paslon bermaksud menggunakan kendaraan partai politik yang harus didukung 20 persen partai politik pemilik kursi di legislatif atau 25 persen perolehan suara sah pada pemilihan legislatif. Atau didukung sekurang-kurangnya 10 persen dari daftar pemilih tetap pemilihan terakhir, yakni DPT Pilpres 2014 yang didukung dengan kartu tanda penduduk. KPUD menunjukkan, data DPT pada pemilihan presiden dan wakil presiden RI 2014 di Kota Baubau sebanyak 114.266 orang.

Diakhir pertemuannya, ia mengajak KNPI Murhum sebagai agen-agen demokrasi dalam meningkatkan partisipasi pemilih dan mendorong lahirnya kepemimpinan berkualitas menjelang pemilihan walikota 2018.

“Itu bisa tercapai bilamana, masyarakat yang berhak memilih menyalurkan hak pilihnya dan memilih pasangan calon bukan sekedar nama dan wajahnya. Namun mengetahui visi misi dari pasangan calon dan ikut mengawal pemerintahan kelak,” jelas Mamnun.

KPUD Kota Baubau memberikan piagam penghargaan atas kunjungan tersebut yang ditandatangani oleh Dian Anggraini selaku ketua KPUD Kota Baubau.

(Baca juga: Launcing Rumah Pintar Pemilu Laelangi, Baubau Targetkan Partisipasi Pemilih)

Laporan: Harianto

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.