Iklan Clarion

DD di Mubar Meningkat, Pembangunan Prioritas Desa Ditambah

SULTRAKINI.COM: MUNA BARAT – Pemerintah Daerah Kabupaten Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara mendapat alokasi tambahan dana desa (DD) senilai Rp 2 miliar atau total dana Rp 66 miliar. Sementara tahun sebelumnya hanya mendapat kucuran total Rp 64 miliar.

“Setiap desa di Muna Barat akan mengelola DD sekitar Rp 900 juta-Rp1,3 M yang lebih besar dari tahun sebelumnya hanya Rp 700 hingga Rp 1,2 M. Belum lagi ditambah dengan Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar Rp 36 miliar melalui APBD 2018. Saya meminta kepada seluruh kepala desa agar tidak main- main dalam mengelola anggaran ini. Desaku, desamu, untuk Muna Barat,” jelas Bupati Mubar, LM. Rajiun Tumada, Rabu (24/1/2018).

Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Mubar, Zakaruddin Saga menambahkan selama ini prioritas DD dilakukan pada pembangunan fisik. Namun kembali ditingkatkan ke pemberdayaan masyarakat di 2018.

“Jika penggunaan DD mengarah pada infrastruktur, tentu harus melibatkan masyarakat sejak dari perencanaan hingga pada pengerjaanya. Selain itu, kalau pembayaran gaji adalah harus harian atau mingguan tidak boleh bulanan,” terang Zakaruddin.

Menindaklanjuti penambahan itu, dirinya menekankan ketertiban pengelolaan administrasi keuangan desa masing-masing. Mengingat akan ada pemeriksaan dari Badan Pengelola Keuangan tahun ini.

“Kalau selama ini pemeriksaan BPK hanya berkaitan dengan keuangan daerah, namun tahun ini ada pemeriksaan khusus untuk dana desa,” ucap Zakaruddin.

Laporan: Akhir Sanjaya

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.