SULTRAKINI.COM: KENDARI - Bakal Calon Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara, Ali Mazi dan Lukman Abunawas (LA), telah bersepakat maju sebagai pasangan di Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018 mendatang. Ali Mazi sebagai Cagub dan LA didaulat sebagai Cawagubnya. Deal politik antara keduanya dilakukan pada Rabu (30/8/2017) malam, di Kendari.
Deal, Ali Mazi-LA Berpasangan di Pilgub
Pertemuan Ali Mazi dan Lukman Abunawas bersama tim pemenangan menuju Pilgub 2018. (Foto: ist/SULTRAKINI.COM)

Mengenai partai pengusung, Humas Tim Pemenangan Ali Mazi-LA, Muhammad Alwan memastikan, rekomendasi dari Partai Nasdem dan Golkar sudah dipegang. Bahkan, kata dia, PDIP juga akan menjadi partai pengusung duet kepulauan-daratan ini. Partai pengusung lainnya, akan diumumkan bersamaan pada saat deklarasi.

"Semalam sudah ada pertemuan antara pak Ali Mazi dan LA bersama tim, membangun kesepakatan bersama. Jadi, tidak ada lagi isu-isu," ujarnya, Kamis (31/8/2017). 

Komunikasi keduanya, lanjut Alwan, telah terbangun sejak lama. Namun selama ini masing-masing membangun popularitas dan elektabilitas untuk memperkuat akseptabilitas dari masyarakat Sultra. Kini keduanya bersatu untuk memimpin Sulawesi Tenggara pada periode 2018-2023.

"Agenda selanjutnya saat ini, tim akan rapat untuk persiapan deklarasi. Insyaallah akan dihadiri ketua umum Partai Nasdem Bapak Surya Paloh dan tokoh-tokoh partai pengusung lainnya. Nanti kita kabari lagi siapa saja yang akan hadir termasuk waktu pelaksanaan deklarasi," kata Alwan.

Seperti diketahui, Ali Mazi pernah menjabat Gubernur Sultra pada periode 2003-2008. Karir pria yang lahir di Buton pada 25 November 1961 ini dikenal sebagai pengacara dan politikus senior. Selama menjabat gubernur, Bang Ali (sapaan akrabnya) merupakan perintis pembangunan Bandara Halu Oleo, Rumah Sakit Provinsi Sultra (sekarang RS Bahteramas), termasuk ikon Sulta di lokasi MTQ Square Kendari.

Ali Mazi sendiri dikenal sebagai tokoh kepulauan, yang getol memperjuangkan pemekaran Kepulauan Buton (Kepton) sebagai provinsi tersendiri.

Sementara pasangannya, Lukman Abunawas, merupakan putra mantan Bupati Kendari kedua (periode 1968–1973), Abunawas. Lahir di Kendari pada 11 September 1958. 

LA merupakan birokrat tulen yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Daerah Provinsi Sultra. Sebelumnya, ia pernah menjadi Bupati Konawe selama dua periode, yakni pada 2003-2008 dan 2008-2013.

IKLAN KPU IKLAN LION

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations