Debat Publik Buton: La Bakry “Borong” Pertanyaan Panelis

SULTRAKINI.COM:BUTON- Meski tak didampingi Umar Samiun, Calon Wakil Bupati Buton 2017, La Bakry mampu menjawab lebih 10 pertanyaan dari Tim Panelis, pada Debat Publik di Gedung Wakaka, Pasarwajo, Kamis(02/02/2017).

Debat publik tersebut, tim panelis masing-masing memberikan pertanyaan kepada La Bakry pada Segmen kedua dan ketiga dari empat segmen yang disiapkan oleh Moderator Prof. Ir La Sara MS. Ph. D (Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan UHO). 

Salah satu pertanyaan panelis, Prof. DR. La Ode Kamaluddin M.Sc,.M.Eng (Rektor UNILAKI), yakni cara paslon mempertahankan NKRI. “Salah satu untuk mempertahankan NKRI, yaitu dengan mempertahankan nilai-nilai budaya bangsa. Dimana Pancasila adalah dasar negara, karena nilai-nilai budaya yang ada sejalan dan tidak bertentangan dengan Pancasila,” jawab La Bakry, Kamis (02/02/2017).

Pertanyaan juga disampaikan oleh Panelis, Prof. Usman Rianse M.Si (Guru Besar Ilmu Pertanian UHO). Dia menanyakan program Paslon untuk lima tahun kedepan dalam memperkuat peran perempuan dan anak di Kabupaten Buton.

“Perempuan dan anak adalah penopang kebijakan pembangunan, khususnya di Buton. untuk itu saya dan Bapak Umar Samiun, jika diberi kepercayaan untuk memimpin buton lagi maka itu akan lebih diutamakan dan saat ini sudah ada yang namanya Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak,” jelasnya.

Secara bergiliran, La Bakry terus diberikan pertanyaan dari para panelis di sesi tersebut. Pertanyaan lainnya, terkait strategi mengembangkan potensI SDM Buton, lapangan pekerjaan, permasalahan korupsi dan narkoba. Ia pun, menjawab segala sektor itu dengan memadukan unsur budaya Buton.

“Jadi dikawasan Lasalimu itu ada sekitar  2000 hektar lahan yang dapat disinggahi ketika Kapal Lintas Samudra melintas diwilayah itu, dan pada jalur itu dekat dengan wilayah Wakatobi yang bisa dilalui, “papar La Bakry.

“Di Kabupaten Buton, kami lebih mengutaman upaya pencegahan. Caranya melalui perkenalan terhadap budaya-budaya lokal, khususnya kepada anak-anak karena dengan budaya dapat membentengi anak-anak dari narkoba,” ujarnya.

Pantauan SULTRAKINI.COM dalam debat publik atau talkshow itu, turut dihadiri sejumlah tim Paslon Umar-Bakry, Pimpinan Parpol pengusung, Pelaksana tugas Bupati Buton Effendi Kalimuddin, Kapolres Buton Andi Herman, Kajari Buton Ardiansyah, Ketua KPU Provinsi Sultra Hamiruddin Udu, Anggota KPU Se-Sultra, Ketua KPU Buton Alimudin Sikuru beserta anggota dan Ketua Panwas Buton Darwin beserta komisioner lainnya.

Laporan: La Ode Ali

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.