Delapan Daerah Terima WTP di Sultra, Buteng Sandang Predikat Tertinggi

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Sebanyak delapan kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Tenggara mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian atau WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan RI perwakilan Sultra pada Senin, 16 Juli 2018. Dari jumlah itu, Kabupaten Buton Tengah (Buteng), meraih angka tertinggi dari daerah lainnya, yakni 88,5 persen.

Pecahan dari Kabupaten Buton induk itu, berhasil melampaui tujuh daerah lainnya, di antaranya Kabupaten Buton Utara, Buton Selatan, Muna Barat, Konawe, Konawe Utara, Konawe Kepulauan, dan Kabupaten Kolaka Timur.

Kabupaten Buteng sebelumnya, meraih opini Wajar dengan Pengecualian atau WDP. Untuk meraih WTP pihaknya menargetkan pencapaian angka 84 persen, ternyata mampu dilampaui berkat kerja sama semua SKPD di lingkup setempat.

yamaha

“Alhamdulilah, baru satu tahun menjabat, Buteng sudah meraih predikat WTP, serta mendapatkan posisi terbaik dalam penyelesaian tindak lanjut hasil temuan sebelumnya sebesar 88,5 persen,” kata Bupati Buteng, Samahuddin kepada, Senin (16/7/2018).

Opini WTP yang diperoleh Buteng merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan didasarkan pada empat kriteria, yakni kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan (adequate disclosures), kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian intern.

Dengan kata lain, WTP merupakan peningkatan laporan keuangan pemerintah, pengelolaan APBN yang transparan, pengelolaan kebijakan fiskal dan moneter, serta upaya menjaga stabilitas ekonomi makro yang semakin baik.

Laporan: Ifal Chandra&Ali Tidar
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.