Pilkada koltim

Delapan Pasien Positif Covid-19 di Baubau Dirawat di Rumah Sehat

SULTRAKINI.COM: BAUBAU – Satuan Gugus Tugas Covid-19 Kota Baubau melaporkan status terbaru pasien Covid-19 di Kota Baubau hingga pada Kamis, 22 Oktober 2020, jumlah kasus mencapai 518 pasien. Dari jumlah tersebut sebanyak 41 pasien belum dinyatakan sembuh dan masih dalam proses perawatan, 8 diantaranya ada di Rumah Sehat.

Ketua Tim Satu Rumah Sehat, Atar, yang bertugas di rumah sehat mengatakan pasien yang dirujuk dirumah sehat adalah pasien yang terkonfirmasi Covid-19, namun tidak bergejala dan atau pasien yang bergejala ringan.

Sementara untuk pasien yang bergejala sedang keatas dalam hal ini kondisi tubuhnya tidak memungkinkan atau perlu membutuhkan infus dan memerlukan obat melalui intravena maka dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Palagimata, Baubau sebagai rumah sakit rujukan Covid-19.

“Yang kita terima di Rumah Sehat ini adalah pasien-pasien yang sudah dikonfirmasi ke kita yang didapatkan dari surveilence dari masing-masing puskesmas,” kata Atar saat ditemui dirumah sehat, Kamis (22/10/2020).

“Ada juga pasien dari rumah sakit yang sudah baikan dibawa kesini,” tambahnya.

Pada umumnya, lanjut Atar, pasien di Rumah Sehat ini memiliki gejala dengan keluhan hilangnya indra penciuman dan sesak nafas yang tidak memerlukan alat bantu oksigen, atau batuk berdahak yang tidak mengganggu.

Pilkada

“Rutinitas pasien dapat melakukan aktifitas seperti biasa namun mereka diberikan pembatasan ruang. Misalnya tidak boleh keluar jalan dan tidak boleh kearah steril ataupun kearah nakes,” ujarnya.

Lebih lanjut, Atar menjelaskan perawatan yang diterapkan pada pasien positif Covid di Rumah Sehat berupa treatmen yang diberikan kepala pasien dalam upaya percepatan penyembuhan sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19 yang juga diterapkan di Rumah Sakit, treatmen pemberian vitamin C untuk meningkatkan imun tubuh.

“Selain itu pasien juga diberikan senam setiap hari Senin, Rabu, dan Jumat setiap pagi dan sore,” katanya.

Jumlah tenaga kesehatan yang berjaga di Rumah Sehat dibagi menjadi dua tim, yaitu tim satu dan dua. Dalam satu tim diantranya memiliki tugas-tugas yang berbeda. Pada tim satu terdapat 7 orang perawat, 3 orang bidan, 4 tenaga apoteker, 3 orang tenaga gizi ayang mengatur konsumsi gizi pasien, dan Tenaga analis 1 orang. Selain itu, terdapat 5 orang security yang berjaga bergantian.

Saat ini data Covid-19 Kota Baubau 41 pasien belum dinyatakan sembuh diantaranya 8 orang dirawat di Rumah Sehat, 3 orang di RSUD Palagimata, 30 orang menjalani perawatan mandiri. Sementara status suspek dan probable sebanyak 89 orang dan kontak erat sebanyak 109 orang. (C)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Hasrul Tamrin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.