SULTRAKINI.COM:BUTON TENGAH- Sejumlah masyarakat yang mengatasnamakan Gerakan Rakyat Buton Tengah (Gerak Buteng) berunjuk rasa di kantor Bupati Buton Tengah, dengan tuntutan agar Bupati Buteng segera mengusulkan pergantian Sekda kepada Gubernur, Rabu (22/11/2017).

Demonstran Gerak Desak Bupati Buteng Ganti Sekda
Demonstran Gerak Buteng saat berdialok dengan Sekda La Ode Hasimin MM di depan Kantor Bupati (Foto: Ali Tidar / SULTRAKINI.COM)

Koordinator Lapangan (Korlap), Idris dalam orasinya mengatakan Sekda (La Ode Hasimin) berdasarkan laporan hasil pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) semester dua tahun 2016 yang lalu telah terindikasi ada beberapa temuan yang telah merugikan keuangan Negara sebanyak ratusan juta rupiah. Salah satunya yaitu belanja makanan dan minuman di rujab Bupati dan sekretariat daerah.

"Ini harus diusut tuntas, dan kami meminta kepada Bupati dan Wakil Bupati agar segera mengusulkan pergantian Sekda Buteng kepada Gubernur Sultra," teriak Idris saat memberikan orasi politiknya diatas mobil.

Selang beberapa jam berunjuk rasa, para demonstran (Gerak Buteng) dipersilahkan untuk bertatap muka bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Buteng karena Bupati dan Wakil Bupati tidak berada ditempat.

Sekretaris Daerah, Drs La Ode Hasimin MM menjelaskan kegiatan tersebut tidak langsung dikelola oleh Sekda tetapi dikelola oleh bagian-bagian, dan jikalau ada temuan pemeriksaan BPK dan inspektorat pasti akan diselesaikan dengan cepat.

"Pemeriksaan BPK seperti yang kalian tuduhkan tersebut telah merekomendasikan bahwa Pemda Buteng segera mengembalikan hasil temuan yang mengakibatkan kerugian negara, dan itu kami sudah lakukan. Selain itu, adik-adik jangan terlalu banyak mengkuatirkan sekda, sebab sekda tidak mungkin  berbuat sesuatu yang merugikan daerah. Malahan saya akan memberikan jalan bahwa inilah titian yang bagus agar pemerintahan berjalan dengan bagus," jelas Hasimin saat berdialog dengan para demonstran di depan Kantor Bupati Buteng.

Oleh karena itu, harap Hasimin, Kabupaten Buteng sekarang harus memiliki pemerintahan yang baik dan bersih, dan hal itu mudah-mudahan bisa tercapai.

Adapun poin tuntutan Gerak Buteng adalah Bupati dan Wakil Bupati Buteng segera mengusulkan pergantian Sekda Buteng kepada Gubernur Sulawesi Tenggara. Meminta kepada Bupati dan Wakil Bupati Buteng segera memberhentikan bendahara keuangan dari jabatanya. Poin selanjutnya, menekankan kepada DPRD Buteng agar lebih jeli sehingga lebih efektif dalam pengawasanya.


Laporam : Ali Tidar

IKLAN KPU IKLAN LION

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations