000 HPN Prov

Desa Karya Bakti Wakili Butur Hadapi Lomba P2WKSS Tingkat Sultra

SULTRAKINI.COM: BUTON UTARA – Pemerintah Kabupaten Buton Utara (Butur), dalam hal ini Abu Hasan selaku bupati menghadiri rapat pemantapan persiapan penilaian lomba program terpadu Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) tingkat Provinsi Sultra di Desa Karya Bakti, Kecamatan Kulisusu Barat, Selasa (17/9/2019).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Butur Sitti Rabiah Abu Hasan, semua Organisasi Perangkat Daerah lingkup Kabupaten Butur, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta tamu undangan lainnya.

Abu Hasan mengatakan, rapat tersebut bertujuan memantapkan persiapan pelaksanaan lomba P2WKSS tingkat Sultra pada Oktober 2019. Di satu sisi, dirinya menuturkan alasanya harus memilih perwakilan desa pada perlombaan itu, yakni Desa Karya Bakti, Kecamatan Kulisusu Barat.

Kata dia, di agenda tahunan ini Pemda akan menunjuk perwakilan desa untuk mewakili kabupaten. Desa yang terpilih merupakan hasil pertimbangan tententu, salah satunya kesiapan pihak camat, kepala desa untuk mendukung bersama-sama dalam pelaksanaan agenda P2WKSS.

“Namanya dinilai pasti ada prestasinya. Tapi yang lebih penting bagaimana wajah desa itu berubah dari sebelum mengikuti lomba P2WKSS dan setelah mengikuti lomba P2WKSS,” ucap Abu Hasan.

Pemda Butur terus memantapkan persiapan lomba P2WKSS. Secara umum sasaran kegiatan ditonjolkan pada aspek fisik, dan non-fisik, serta dari masyarakat.

Kegiatan fisik itu seperti pembenahan lingkungan termasuk lingkungan sosial desa, yakni batas desa yang kasat mata berkaitan dengan lingkungan masyarakat.

Sedangkan non-fisik mulai dari anak-anak sampai orang tua ada penyuluhan lebih kepada keterlibatan masyarakat mengikuti penyuluhan kesehatan, pendidikan, kependudukan sampai ekonomi keluarga.

Kepala Camat Kulisusu Barat, Hazimuddin berharap masyarakat desa betul-betul aktif dalam lomba P2WKSS.

“(Lomba P2WKSS) merupakan rahmat, bisa merubah warna Desa Karya Bakti dari penataan lingkungannya dan administrasi desa,” ucap Hazimuddin.

Laporan: Ardian Saban
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.