Desa Lakanaha Pasang Transparansi Anggaran Desa Melalui Baliho

  • Bagikan
Baliho RAB APBDes di Desa Lakanaha Kecamatan Wadaga, kabupaten Muna Barat. (Foto: Akhir Sanjaya/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: MUNA BARAT – Kepala Desa Lakanaha Kecamatan Wadaga Ahmad Juni telah memampang baliho dana desa, guna meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pengelolaan dana desa (DD) senilai Rp 828.688.000 dan alokasi dana desa (ADD) Rp 501.329.000 di 2017.

“Sebagaian besar dana desa dialokasikan untuk pembangunan fisik sekitar 65 persen atau Rp 684.918.000 antara lain jalan usaha tani dan jembatan semi parmanen tiga unit serta deker tiga unit dan talud,” jelas Ahmad Juni, Selasa (1/8/2017).

Sementara anggaran lainnya juga dipergunakan dalam bidang lain, misalnya pembinaan masyarakat setempat sekitar Rp 71 juta, penyelenggaraan pemerintahan lebih dari Rp 349 juta, pengadaan bibit jati dan kelengkapan prasarana lainnya sekitar Rp 221 juta.

“Semoga masyrakat bisa melihat anggaran yang ada di grafik ini dalam desa, agar tidak saling menuding antara masyarakat dengan pemerintah desa, dari anggaran yang ada semua berpihak kepada masyarakat Lakanaha. Selain itu dengan dibangunya jembatan dan talud juga bisa meningkatkan hasil pertanian masyarakat,” terang Ahmad Juni.

Intruksi pemasangan baliho yang memuat desain RAB APBDes tersebut, sebelumnya telah disampaikan oleh Dinas Pemberdayaan Mayarakat Desa (DPMD) Kabupaten Mubar. Bahkan diagendakan rampung pada Agustus ini.

(Baca: Mubar Mulai Pasang Baliho Transparansi Penggunaan DD dan ADD)

Tindakan itu mendapat sambutan positif dari warga seperti La Patu (45). Kata dia, baliho tersebut membantu masyarakat memahami arah pembangunan desa. Sehingga tidak ada saling mencurigai maupun tuduhan negatif sehubungan pengelolaan anggaran.

“Ini sangat bagus dan jelas, jadi masyarakat bisa melihat anggaran melalui baliho ini juga pengalokasian anggaran di mana saja,” kata La Patu.

Laporan: Akhir Sanjaya

  • Bagikan