SULTRAKINI.COM: BUTON TENGAH - Bupati Buton Tengah (Buteng), Samahuddin bersama Satuan Kerja Kementerian Pekerjaan Umum, memantau lokasi pembangunan tempat pembuangan sampah akhir (TPA) di Desa Metere, Kecamatan Lakudo, Kamis (11/1/2018).

Desain TPA Desa Metere Bakal Dilengkapi Tiga Pengendalian Sampah
Bupati Buteng,Samahuddin bersama Kepala PUPR Buteng Muh. Ramlan, Kepala Bappeda Syamsuddin Pamone, dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup saat foto bersama dengan Satuan Kerja Kementerian Pekerjaan Umum di Desa Metere. (Foto: Ali Tidar/SULTRAKINI.COM)

TPA menggunakan lahan sekitar 7 hektar dari hibah masyarakat setempat. Sehingga proses selanjutnya akan lebih cepat terealisasi. Nantinya lokasi pembuangan dibuat sesuai standar yang didukung teknologi berstandar pula. Dalam pengerjaannya juga bakal dilakukan pelebaran jalan seluas 8 meter dari PUPR Buteng.

"Saya kira semuanya sudah siap, tanah ini sudah dihibahkan tinggal menuggu realisasi. Lokasi ini menurut saya sudah sangat tepat. Paling lambat 2019 sudah jadi. Kedepan tenaga pengelola TPAnya  masyarakat setempat," kata Samahuddin.

Ditempat yang sama, Kepala Satuan Kerja Pengembangan Sistem Penyehatan Lingkungan Kementerian PU, Sahabuddin mengatakan mulai tahun ini pembangunan itu akan didesain. Termasuk bekerjasama dengan Bappeda dan PU Sultra selaku pendampingan perencanaan TPA sebelum diusulkan ke Jakarta.

"Kalau dibangun sesuai SNI itu tidak akan ada bau, karena tiga hal yang dikendalikan dari sampah, yakni pencemaran lingkungan, udara, dan penyakit. Semua itu tidak bolah ada. Karena itu sudah tujuan TPA ini," jelas Sahabuddin.

Kepala Desa Metere, La Ntimu mengungkapkan pihaknya secepatnya akan membuat akta hibah lokasi TPA tersebut. namun masih menunggu format surat dari pemerintah daerah.

"Kotor tanah ini milik pak La Ntimu, La Tiwori, dan Wa Batala. Rencana mau di hibahkan, saat ini saya sudah usulkan ke pemerintah dibuatkan surat hibah," terang La Ntimu.


Laporan: Ali Tidar

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations