Di Hari Sumpah Pemuda La Bakry Ingatkan Pemuda Tingkatkan Kapasitas Keilmuan

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Pemerintah daerah Buton memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-91 di Alun-alun eks Kantor Bupati Buton Kecamatan Pasarwajo, Senin (28/10/2019). Upacara ini dibalut tema Bersatu Kita Maju.

Bupati Buton, La Bakry sebagai Inspektur Upacara menyampaikan pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau, satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi namun pada sisi yang lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif. Informasi yang bersifat destruktif mulai dari pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme.

“Ini tantangan untuk para pemuda yang harus terus meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing. Para pemuda yang diikrarkan pada 1928 dalam sumpah pemuda bahwa hanya dengan persatuan kita mewujudkan cita-cita bangsa,” ujar La Bakry dalam laman resmi Pemda Buton.

Menurutnya, apabila pemuda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara, semua pengaruh negatif akan mudah terpengaruhi.

“Pemuda yang memiliki karakter tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertakwa, berintegritas tinggi, jujur, santum, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas,” jelasnya.

Fortune

Pemuda juga, lanjutnya, harus memiliki kapasitas intelektual dan keterampilan kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan, serta pemuda harus memiliki inovasi agar berperan aktif dalam kancainternasional.

Tema Bersatu Kita Maju diartikan sebagai gambaran elemen bangsa dan menjadi keharusan pemuda untuk bisa memajukan bangsa ini.

“Pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia,” terangnya.

Upacara Hari Sumpah Pemuda di Kabupaten Buton dihadiri Wakil Bupati Buton Iis Elianti, Ketua DPRD Buton, Hariasi, Polres Buton, Kodim 1413 Buton, Kejaksaan Negeri Pasarwajo, dan Pengadilan Negeri Pasarwajo.

Tampak juga pakaian adat nusantara mewarnai upacara tersebut yang dipakai oleh sejumlah siswa tingkat SD hingga SMA.

Laporan: Wa Rifin
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.