SULTRAKINI.COM: Kebutuhan pokok seperti sandang, pangan, papan atau pakaian, makanan, dan tempat tinggal, pastisudah tahu tentang itu. Dengan demikian berarti tiga kebutuhan harus terpenuhi untuk manusia bertahan hidup.

Di Zaman Now, Tak Bisa Hidup Tanpa Barang-barang Ini
Ilustrasi. (Foto: Nazanin Tabatabaee Yazdi/TIMA via REUTERS)

Jika dapat lebih, itu lebih bagus walaupun tidak dianjurkan selama kebutuhan dasar atau pokok sudah terpenuhi. Tapi, pastinya manusia punya sifat tak pernah puas apalagi di perkembangan zaman yang semakin modern.

Tanpa sadar sudah ketergantungan oleh barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Mungkin tidak sadar jika sebenarnya tidak bisa hidup dengan barang-barang ini, padahal bukanlah kebutuhan pokok.

Seperti dikutip dari Cermati.com, Kamis 11 Januari 2017, Ada beberapa barang-barang yang tanpa sadar sangat dibutuhkan yaitu:

1. Jaringan internet

Zaman sekarang siapa yang tidak membutuhkan ini. Mulai dari bisnis, hiburan, atau usaha dapat terbantu sehingga ketergantungan dengan internet. Ditambah lagi kehadiran media sosial yang semakin menarik minat masyarakat untuk menggunakan internet. Banyak orang yang tak mau ketinggalan trending topic dan terus meng-update berita yang tersebar.

Tidak usah heran jika ketemu orang yang gelisah ketika tidak ada internet. Bahkan marah-marah ketika internet lelet. Tapi di Indonesia biaya yang harus dikeluarkan untuk internet terbilang mahal dan lumayan memangkas pengeluaran, sehingga perlu dipikirkan lagi.

Dan bila ingin hemat tapi tetap berinternetan ria itu bisa. Caranya manfaatkan saja wifi yang tersebar di tempat umum atau kantor. Jika tidak menemukannya, usahakan untuk tidak melakukan hal yang kurang penting agar kuota internet kamu tetap aman dan pengeluaran tetap aman.

2. Ponsel pintar

Zaman yang serba digital seperti saat ini juga membuat banyak orang terdorong untuk memiliki perangkat canggih. Smartphone dapat digunakan di manapun dan kapanpun, pada waktu luang, menunggu orang, atau bahkan ketika sedang kumpul bersama.

Tidak hanya konsumennya aja yang sangat antusias, produsennya pun juga. Dari waktu ke waktu mereka terus mengembangkan produk sesuai dengan tuntutan konsumen dan zaman. Ada cara tetap hemat buat kamu yang memang hobi atau fanatik dengan teknologi ponsel pintar. Kamu bisa manfaatkan info yang ada pada pameran biasanya mereka menawarkan harga perangkat yang lebih murah.

3. TV

Televisi juga masih termasuk kebutuhan yang kamu tidak sadar telah menjadi ketergantungan. Walaupun pemakaiannya saat ini sudah mulai menurun, tapi televisi masih menjadi barang wajib yang ada pada setiap pemukiman. Jenisnya pun beragam ada yang memiliki harga mahal sampai murah sekalipun. Disarankan jika kamu memang membutuhkan televisi sebaiknya pilih yang biasa saja. Selain dapat memangkas biaya pengeluaran, kamu juga dapat menghemat listrik. Tak perlu canggih-canggih asal sudah sesuai kebutuhan.

4. Lemari pendingin

Bayangkan jika tidak punya lemari pendingin, bahan makanan yang disimpan pasti akan cepat rusak. Kegunaan kulkas memang dari dulu sudah menjadi sebuah kebutuhan walaupun tidak termasuk di kebutuhan pokok.

5. Produk perawatan

Zaman sekarang juga tidak hanya kaum hawa aja yang rajin belanja produk perawatan wajah dan tubuh. Pria juga banyak yang menghabiskan dana bahkan lebih banyak dari kaum hawa.

Seperti sebuah kebutuhan pokok, banyak orang memasukkan produk perawatan pada daftar belanja bulanan mereka. Memang tidak ada salahnya merawat kesehatan tubuh agar tetap fresh dilihat.

Tapi perlu diketahui juga harus menghemat pengeluaran jangan terlalu banyak menghabiskan dana untuk produk ini. Untuk itu dapat memanfaatkan diskon yang ada pada mini market untuk dapat lebih berhemat.

6. Punya kendaraan pribadi

Di Indonesia saat ini memang sistem transportasi massal belum bisa memberikan kenyamanan. Alhasil, kendaraan pribadi jadi pilihan dan grafik penjualannya pun tetap terjaga.

Tapi past tahu jika tidak hanya barang saja yang mahal, perawatannya juga. Untuk menyiasatinya saat ini sudah dapat membeli kendaraan dengan sistem cicilan atau kredit. Usahakan untuk membayar DP dengan nominal besar agar cicilan bulanannya tidak terlalu mencekik keuangan.  


Sumber: viva.co.id

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations