Dikabarkan Kapal Dari Maluku Utara Bawa 2.000 Penumpang, Gugus Tugas Covid-19 Wakatobi Tambah Personil

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Wakatobi akan menambah personil di pelabuhan untuk melakukan pemeriksaan penumpang karena dikabarkan KM. Karya Indah membawa sekitar 2 ribu penumpang dari Provinsi Maluku Utara.

Kapal milik salah satu pengusaha di Wanci ini, berangkat dari Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara pada Rabu (21/4/2020) sekitar pukul 19:00 Wita dan dijadwalkan tiba di pelabuhan Wanci pada Rabu (22/4/2020) sekitar pukul 15:00 wita.

“Informasih yang kami dapat kapal tersebut memuat penumpang di Ternate dan Taliabo sekitar dua ribu orang,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Wakatobi, Miliaddin, Selasa (21/4/2020).

Namun menurutnya, pihaknya belum bisa memastikan apakah benar kapal tersebut membawa sekitar dua ribu penumpang. “Rilnya besok baru kita bisa pastikan berapa jumlah penumpangnya,” ungkapnya.

Muliaddin mengatakan, pihaknya akan melakukan persiapan secara maksimal, dengan melibatkan TNI Polri, BPBD dan menambah tenaga kesehatan untuk melakukan pemeriksaan.

Kantor Bulog Raha

“Sebelumya, hanya tenaga kesehatan di puskesmas Wangi-wangi dan puskesmas Waetuno yang kita tempatkan dipelabuhan veri, tapi besok ini kita akan libatkan tenaga kesehatan dari Puskesmas Wangi-wangi selatan dan Puskesmas Liya,” paparnya.

Dalam penanganan penumpang KM. Karya Indah ini, pihaknya tetap berpatokan pada protokoler kesehatan sesuai juknis penanganan Covid-19 yang dikeluarkan oleh Kemenkes.

“Yang jelas kita akan melakukan pemeriksan awal berupa pengecekatan suhu tubuh, alamat, dan riwayat perjalanan penumpang, kemudian akan tindaklanjuti dengan pemantauan di tempat tinggal masing-masing,” tegasnya.

Jumlah kasus positof Covid-19 di Provinsi Maluku Utara sudah berjumlah empat orang.

Laporan: Amran Mustar Ode
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.