Diknas Wakatobi Bantah Gelapkan Dana

  • Bagikan
RDP DPRD Wakatobi. (Foto: Amran Mustar Ode/SULTRAKINI.COM)
RDP DPRD Wakatobi. (Foto: Amran Mustar Ode/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Dinas Pendidikan (Diknas) Wakatobi membantah menggelapkan dana Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan Kelompok Kerja Guru (KKG). Kepala Diknas Wakatobi, Ali Wangi, mengatakan ada yang melatar belakangi sehingga tidak semua anggaran pembuatan soal ujian sekolah berstandar nasional 2018 direalisasikan.

Anggaran yang disiapkan Rp 91 juta, namun hingga batas waktunya pada 31 Desember 2018, masih terdapat kekurangan berkas dari tim penyusun soal, sehingga terealisasi hanya Rp 77 juta lebih.

“Kenapa hanya Rp 41 juta yang diterima oleh para kelompok pembuatan soal ini-karena sudah terpotong pajak dan makan minum mereka selama membuat soal,” kata Ali Wangi saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan DPRD Wakatobi, Selasa (15/1/2019).

Mengenai pelatihan guru menulis, pihaknya juga mengajukan kegiatan tersebut dan masuk dalam program kerja Diknas Wakatobi. Pelatihan diselenggarakan dengan melibatkan sejumlah guru yang dianggap belum mampu membuat karya ilmiah.

Setelah dirinya melihat DIPA Diknas, anggaran pelatihan kompetensi guru tidak mencapai Rp 350 juta seperti apa yang disebutkan. Namun anggaran sebatas Rp 160 juta.

(Baca: Diduga Ada Penggelapan Anggaran di Dikbud Wakatobi)

Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Diknas Wakatobi, La Salihi, menjelaskan program pelatihan kompetensi guru merupakan program Diknas yang awal perencanaannya melibatkan pemateri dari luar daerah. Ternyata pengurus MGMP Wakatobi, seperti Nur Hayati juga memiliki sertifikat sehingga ia dilibatkan sebagai salah satu pemateri.

“Karena udah pakai pemateri lokal, jadi anggaran transportasi sebesar Rp 20 juta kita tidak gunakan lagi, kita kembalikan ke kasih daerah,” ucapnya.

Ketua Fraksi PIB, Erniwati Rasyid menilai ini sebuah kegagalan kepala Diknas lama yang tidak mampu berkoordinasi dengan baik dengan organisasi guru, seperti PGRI, IGI, MGMP, dan KKG.

Setelah melewati perdebatan panjang, RDP yang dipimpin Wakil ketua II DPRD, Sukiman, melahirkan sejumlah rekomendasi, di antarnya, Pemda Wakatobi harus membangun komunikasi yang bagus dengan DPRD.
Membangun kemitraan yang baik dengan PGRI, IGI, MPGM, dan KKG.

Laporan: Amran Mustar Ode
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan