Iklan Clarion

Dinas Pariwisata Buteng Gelar Pelatihan SDM Kepariwisataan

SULTRAKINI.COM: BUTON TENGAH – Pemerintah Daerah (Pemda) Buton Tengah (Buteng) terus maksimalkan pengembangan pariwisata di wilayahnya. Salah satunya dengan mengadakan pelatihan sumber daya manusia (SDM) kepariwisataan yang resmi dibuka oleh Wakil Bupati Buton Tengah (Buteng), La Ntau di salah satu hotel di Lakudo, Selasa (24/6/2019).

Pelatihan yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Buteng itu ada beberapa pelatihan yang diadakan, yakni pelatihan pemandu wisata selam, pelatihan tata kelola destinasi wisata, pemandu wisata alam budaya dan pelatihan manajemen home stay.

Wakil Bupati Buteng, La Ntau, mengatakan pelatihan tersebut agar dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para pelaku pariwisata, dengan tujuan untuk mengembangkan potensi wisata serta meningkatkan pelayanan di masyarakat.

“Saya Berharap dengan pelatihan ini, mampu memberikan efek yang baik. Apalagi, Dilihat Buteng sendiri memiliki wisata yang tak kalah dari daerah lain,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pariwisata salah satu sektor strategis yang memiliki kontribusi penting untuk membangun daerah. Untuk itu pengembangan wisata perlu di tata dan kelelola dengan baik.

“Kemajuan daerah dalam mengembangkan wisata bisa dilihat saat ini. Salah satunya Wakatobi dan Kota Kendari, dimana wisata yang dimiliki mempu menarik para pengunjung, bukan hanya dari Sultra, tetapi se-Indonesia bahkan mancanegara,” ulas La Ntau.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Buteng, Safrin, mengatakan kegiatan pelatihan tersebut dilaksanakan selama dua minggu.

“Iya, untuk pelatihan selama dua minggu dilaksakan,” ujarnya.

Pelatihan tersebut dibiayai melalui Dana Alokasi khusus (DAK) Dinas Pariwisata Buteng sebesar lebih dari Rp 520 juta.

Laporan: Ali Tidar
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.