Dinas Pariwisata Buton Gelar Pelatihan Pemandu Wisata Alam

SULTRAKINI.COM: BUTON – Sebanyak 30 warga Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara mengikuti pelatihan pemandu wisata alam (Selam) tingkat Open Water Angkatan I Dinas Pariwisata Buton yang terlaksana di salah satu hotel di Pasarwajo, Senin (17/6/2019).

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buton, La Ode Zainuddin Napa, mengatakan puluhan masyarakat yang mengikuti pelatihan dikhususkan kepada masyarakat dari wilayah-wilayah pesisir di daerah yang dikenal sebagai penghasil aspal itu.

Pelatihan pemandu wisata alam ditujukan untuk menopang pariwisata Kabupaten Buton sebagai konsistensi daerah sesuai Perda. Sekaligus wujud komitmen Kementerian Pariwisata pada sektor kemaritiman di wilayah Indonesia Timur.

“Di wilayah Indonesia Timur, Wakatobi adalah salah satu destinasi unggulan dan Buton sebagai penopang Wakatobi, dimana Wakatobi terbatas dalam pengelolaan sumber lautnya sehingga turis-turis mancanegara juga banyak yang datang menyelam di Teluk Pasarwajo,” ucap Zainuddin.

Fortune
Bupati Buton, La Bakry berfoto bersama peserta pelatihan pemandu wisata selam, Senin (17/6/2019). (Foto: La Ode Ali/SULTRAKINI.COM)
Bupati Buton, La Bakry berfoto bersama peserta pelatihan pemandu wisata selam, Senin (17/6/2019). (Foto: La Ode Ali/SULTRAKINI.COM)

Dia berharap, peserta pelatihan bisa serius mengikuti pelatihan yang dilaksanakan selama lima hari mulai 17 Juni 2019. “Ini bukan hanya formalitas menghabiskan anggaran, tetapi komitmen kami dalam membangun dan mengembangkan pariwisata di Kabupaten Buton.

Bupati Buton, La Bakry, mengatakan pelatihan pemandu wisata alam tersebut merupakan hasil kerja keras dari semua pihak, khususnya Dinas Pariwisata Kabupaten Buton dalam rangka pemanfaatan potensi alam.

“Ini buah dari kerja keras kita semua dalam membangun komunikasi pada semua pihak, khususnya Dinas Pariwisata dalam rangka pemanfaatan potensi alam,” ucap La Bakry sekaligus membuka pelatihan pemandu wisata alam.

Laporan: La Ode Ali
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.