Dinkes Butur Target Seluruh Puskesmas Terakreditas Tahun Ini

SULTRAKINI.COM: BUTON UTARA – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Buton Utara (Butur), menargetkan seluruh puskesmas di wilayahnya akan terakreditasi pada tahun ini.

Kepala Dinas kesehatan Butur, Muh. Kasrul, mengatakan dari sepuluh puskesmas di Kabupaten Butur baru empat puskesmas yang terakreditasi, yakni Puskesmas Kulisusu dan Puskesmas Wd.Buri pada 2017 kemudian Puskesmas Lakansai serta Puskesmas Wakorumba Utara pada 2018.

Dari jumlah tersebut yang sudah akreditasi dasar hanya dua, yakni Puskesmas Kulisusu dan Puskesmas Wd.Buri, sedangkan yang terakreditasi Madya yakni Puskesmas Lakansai dan Puskesmas Wakorumba Utara.

Sementara untuk tahun ini, pihaknya akan menargetkan akreditas Puskesmas Kambowa, Kioko, Bone gunu, Puskesmas Lambale, Puskesmas Bone Rombo, serta Puskesmas Labaraga.

“Semuanya akan dilakukan survei pada awal November dan awal bulan Desember, dan semua puskesmas ini akan ditargetkan terakreditasi,” ujarnya, Kamis (24/10/2019).

Untuk mencapai target tersebut, lanjut Muh.Kasrul, pihaknya akan melakukan studi banding di Puskesmas Poasia, Kendari, yang meraih akreditasi paripurna.

“Kita mau kaji banding, kita sandingkan itu antara puskesmas mereka yang sudah paripurna dengan kita disini, dengan semua dokumennya, elemen penilaiannya, secara fisik di lapangan tata grahanya kita coba mengikuti itu, dengan penataan ruangan,” kata Kasrul.

Untuk diketahui kategori akreditasi puskesmas, yakni akreditas dasar, madya, utama, dan penilain yang tertinggi adalah paripurna.

Permenkes Nomor 75 tahun 2014 tentang Puskesmas. Dalam Pasal 39 ayat 1 menyebutkan, dalam upaya peningkatan mutu pelayanan, puskesmas wajib diakreditasi secara berkala paling sedikit setiap tiga tahun sekali.

Laporan: Ardian Saban
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.