Dinkes Mubar Jamin Persediaan Obat Selama 18 Bulan

  • Bagikan
Kepala Dinas Kesehatan Muna Barat, La Ode Mahajaya. (Foto: Akhir Sanjaya/SULTRAKINI.COM)

SUTRAKINI.COM: MUNA BARAT – Kepala Dinas Kesehatan Muna Barat, La Ode Mahajaya, pastikan persediaan obat terjamin hingga di 2018 nanti atau selama 18 bulan. Obat-obatan juga telah terdistribusi di 15 puskesmas Kabupaten Mubar.

“Pengambilan obat jatahnya satu bulan dan obat itu tergantung pasien. Kami hanya menyediakan layanan penyediaan obat saja,” kata Mahajaya, Jumat (28/04/2017).

Permintaan obat-obatan di masyarakat setempat lebih banyak dibutuhkan jenis antibiotik, misalnya Amoxicillin, Paracetamol dan sirup atau tablet.

Untuk anggaran kata Mahajaya, pihaknya menyiapkan sebesar Rp 21 miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus dan Dana Alokasi Umum.

“Pengambilan obat gratis langsung bantuan dari pemerintah pusat, lalu diberikan melalui Dinkes Kabupaten Mubar dan disimpan di Instalasi Farmasi sebagai gudang penyimpanan,” jelas dia

Sistem e-katalog yang digunakan Dinkes Mubar hanya melalui unit layanan pengadaan (ULP) yang ditunjuk oleh pemerintah sebagai Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah untuk memproduksi obat generik yang dibutuhkan masyarakat, mengeluarkan daftar obatnya termasuk spesifikasi dan bisa diakses secara online.

“Kita tidak bisa melakukan pengadaan sendiri, karena kita hanya memberikan rancangan kebutuhan obat, nanti ULP yang lakukan pengadaan melalui pembelian e-katalog,” jelasnya.

Laporan: Akhir Sanjaya

  • Bagikan