SUARA

Dinkes Wakatobi, Akan Sweeping Vaksin Palsu

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Untuk memastikan tidak ada vaksin palsu yang beredar di Wakatobi, Dinas Kesehatan Kabupaten Wakatobi minggu ini akan menggelar operasi di apotik maupun di puskesmas yang ada di Wakatobi.

“Hari ini saya akan rapat dengan bagian farmasi untuk membicara persoalan ini dan pembahasan waktu untuk kita lakukan sweeping di apotik maupun di Puskesmas,” kata Kadis Kesehatan Wakatobi, La Ode Abdul Latif, Senin (11/7/2016).

yamaha

Hingga saat ini, Abdul Latif mengklaim belum ada vaksin palsu yang beredar di Kabupaten Wakatobi, pasalnya hingga saat ini belum ada masyarakat yang mengeluhkan ada bayi mereka yang sakit-sakitan setelah divaksin. “Walaupun saat ini telah terindikasi ada vaksin palsu yang beredar di Sultra, namun insya Allah di Wakatobi tidak ada,” ucapnya.

Ia juga meyakini dalam operasi nanti pihaknya mampu membedakan antara vaksin palsu dan vaksin asli, karena menurutnya vaksin palsu tidak memiliki izin dari Kementrian Kesehatan dan balai Pengawasan Obat dan Makanan (POM), walaupun ada pasti nomor registernya hanya direkayasa.

Namun jika dalam opesi nanti ditemukan vaksin palsu, pihaknya akan berkoordinasi dengan Balai POM untuk dilakukan pemusnahan vaksin palsu dan memberikan tindakan keras kepada oknum yang menjual vaksin palsu.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.