Pilkada koltim

Dinsos Kolaka Belum Usul Bantuan ke Kemensos

SULTRAKINI.COM: KOLAKA – Lambannya pengusulan bantuan sosial ke Kementerian Sosial RI tahun 2016, mengesalkan Komisi III DPRD Kolaka. Kamis (28/1/2016), komisi ini menggelar rapat dengar pendapat bersama Dinas Sosial Kabupaten Kolaka.

Anggota Komisi III, Rusman yang ditemui usai rapat menjelaskan, bahwa belum adanya kepastian aliran bantuan sosial dari Kementerian Sosial sampai saat ini, karena pihak Dinsos belum mengajukan proposal usulan kegiatan tahun 2016.

“Komisi III telah berkunjung di Kementrian Sosial. Kami cek ternyata Kolaka belum mengajukan proposal. Dalam rapat tadi pihak Dinsos menyampaikan proposal belum diajukan karena terkendala validasi data penerima bantuan tahun 2016 yang masih diproses oleh Dinsos,” terang Rusman.

Karena itu, lanjut politisi Demokrat ini, Komisi III mendesak agar Dinsos segera merampungkan penginputan data warga yang kurang mampu yang nantinya menjadi penerima bantuan.

Pilkada

Sementara itu, Kepala Seksi Pemberdayaan Fakir Miskin Dinsos Kolaka, Darwis mengatakan, pihaknya berupaya merampungkan data penerima bantuan paling lambat akhir Februari 2016.

Diungkapkan Darwis, jenis kegiatan yang diusulkan tahun 2016 ini diantaranya berupa bantuan Kelompok Usaha Bersama (KUBE), dan rehabilitasi rumah warga miskin yang tak layak huni.

“Tahun 2015 lalu Kolaka mendapat porsi bantuan KUBE berkisar 200 lebih, terbanyak di Indonesia Timur. Tapi tahun ini kami kembali mengusulkan bantuan KUBE dan perbaikan rumah tak layak huni karena program ini langsung dirasakan manfaatnya oleh warga berpenghasilan rendah,” terang Darwiis.

Editor: Gugus Suryaman

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.