Direktorat Jenderal Bina Konstruksi, Serahkan MTU Guna Tingkatkan SDM

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI memberikan bantuan Mobile Training Unit (MTU) bagi Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara sebagai kendaraan operasional pendukung di instansi tersebut. Pengerahan secara simbolis dilakukan Direktur Jenderal Bina Konstruksi, Yusid Toyib kepada Pelaksana Tugas Gubernur Sultra Saleh Lasata, Selasa (25/7/2017).

MTU bersifat pinjam pakai, sehingga pemeliharaan dan kerusakan menjadi tanggung jawab daerah. Terkait fungsi, MTU sebagai mobil training dan pelatihan nantinya akan mendukung pembentukkan keterampilan pekerja. Disisi lain, apabila telah termanfaatkan 80 persen, pihaknya akan menambah jumlah MTU tersebut. Sebagai awal MoU, status pinjam pakai berlangsung selama lima tahun dan dapat diperpanjang untuk sekali masa kontrakan.

“Mobil ini memiliki peralatan lengkap untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan, pelatihan serta pembinaan tenaga kerja bidang konstruksi,” terang Yusid Toyib dalam sambutannya.

Untuk sementara sebanyak 75 orang akan ditraining oleh beberapa ahli dibidangnya. “Tujuan pelatihan sebagaimana isu yang sedang beredar saat ini, banyak isu tenaga asing yang masuk bekerja di Indonesia, makanya perlu diberi keterampilan supaya anak-anak generasi kita bisa terampil dibidangnya,” ungkapnya.

Ditempat yang sama Plt Gubernur Sultra, Saleh Lasata, sangat mengapresiasi bantuan pinjam pakai MTU kepada pemerintah provinsi. Dia berharap bantuan bisa meningkatkan SDM. Serta memberikannya juga ke daerah kepulauan.

“Pemprov tertantang untuk memanfaatakan dengan baik, terutama para operator agar mobil ini selalu siap dan termanfaatkan dengan baik untuk peningkatan keterampilan,” ujar Saleh Lasata.

Laporan: Hasrul Tamrin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.