Dirgahayu ke-39 Satuan Pengamanan, Kapolres Baubau: Satpam Mitra Utama Polri

SULTRAKINI.COM: BAUBAU – Sejumlah Satuan Pengamanan (satpam) Kota Baubau, Sulawesi Tenggara mengikuti upacara Hari Ulang Pengamanan ke-39, dengan tema mewujudkan SDM unggul untuk terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif dan terjaminnya keamanan di lingkungan kerja menuju Indonesia maju. Upacara diselenggarakan di Lapangan Upacara Polres Baubau, Rabu (22 Januari 2020).

Kapolres Baubau, AKBP Zainal Rio Chandra Tangkari, mengatakan dalam pemeliharaan kambtimnas, satpam berperan penting sebagai salah satu mitra utama Polri. Untuk itu, satpam diharapkan memiliki kualifikasi dan kemampuan optimal dalam penanganan gangguan keamanan di lingkungan kerja masing-masing.

“Eksistensi satpam juga berkontribusi besar mendukung program prioritas pemerintah, khususnya jaminan keamanan,” kata Zainal.

Dukungan dalam tugas-tugas kepolisian secara umum dalam pengamanan, kata Zainal, tidak lepas dari peran semua satpam, pimpinan badan usaha pengamanan, pengurus asosiasi jasa pengamanan, serta semua stakeholders terkait lainnya atas kerja sama sinergis sehingga menciptakan stabilitas kamtibmas yang kondusif.

“Semoga sinergisitas ini senantiasa terpelihara dengan baik dan terus ditingkatkan,” ucapnya.

Di Kota Baubau tercatat, 370 orang satpam yang tersebar di beberapa perusahaan swasta, BUMN, pertokoan, dan sejumlah usaha industri.

Zainal mengaku, pelatihan satpam secara berkala dilakukan setiap minggu dan rekrutmen satpam melalui proses yang profesional. Satpam dilatih secara fisik dan mental oleh perusahaan yang merekrut melalui pengurus asosiasi jasa pengamanan bekerja sama dengan kepolisian.

Kampus
Upacara Dirgahayu Satpam ke-39 di Mapolres Baubau, Rabu (22/1/2020). (Foto: Aisyah Welina/SULTRAKINI.COM)

Peringatan tersebut juga di gelar di Mapolda Sultra atau serentak se-Indonesia.

Sebagai inspektur upacara Kapolda Sultra, Brigjen Pol Merdisyam, mengatakan sinergitas semoga tetap terjaga dan meningkat di antara personel satpam dan aparat kepolisian.

Satpam juga harus berpegang teguh pada pedoman di setiap menjalankan tugas, berupa menjaga kesehatan, niat tugas untuk beribadah, menanamkan dan menjunjung tinggi profesionalitas serta kode etik.

Selain itu kata kapolda, satpam perlu meningkatkan kesiapsiagaan dalam mengantisipasi setiap kejadian di lingkungan kerja.

“Semoga senantiasa profesional dalam bertugas dan eksistensinya dapat bermanfaat di dalam masyarakat. Semoga sinergis kali ini lebih ditingkatkan,” ujar Brigjen Pol Merdisyam dilansir dari laman resmi Polda Sultra.

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.