Dirikan KSU, Kadis Koperasi UMKM Dituding melanggar UU

  • Bagikan
Masa Karyawan Karya Bahari Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Pelabuhan Kendari datangi Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sultra, Selasa, (31/5/2016).Foto: Merry Malewa/SULTRAKINI.COM

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Ratusan Anggota dan keluarga Koperasi Karyawan Karya Bahari Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Pelabuhan Kendari mendatangi Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sultra, Selasa, (31/5/2016). Kedatangan para buruh pelabuhan ini, menuntut pencabutan izin Koperasi Serba USaha (KSU) Tunas Bangsa Mandiri sebagai TKBM Pelabuhan Kendari.

Dalam aksinya, masa juga menuding Kadis koperasi Provinsi Sultra La Ode Andi Pili, melakukan pelanggaran atas UU nomer 24 tahun 1992 tentang koperasi, pasal 36 ayat 1 huruf b.

 

\”Telah terjadi pelanggaran surat keputusan bersama (SKB) Dirjen dan Deputi, oleh Kadis koperasi Provinsi Sultra atas pengesahan KSU Tunas Bangsa Mandiri sebagai koperasi yang dapat mengelola TKBM pelabuhan Kendari,\” ujar perwakilan Massa, Miswan dalam orasinya.

 

Atas masalah tersebut Ia meminta Gubernur Sultra mencopot La Ode Andi Pili sebagai Kadis Koperasi dan UMKM Provinsi Sultra, karena tidak paham terhadap UU dan SKB 2 dirjen serta 1 deputi terkait koperasi TKBM di pelabuhan.

 

Miswan juga mendesak Gubernur Sultra dan Kadis Koperasi dan UMKM, agar segera mencabut surat keputusan (SK) pengesahan KSU Tunas Bangsa Mandiri karena melanggar konstitusi.

 

Selain itu, Miswan juga meminta Pemerintah untuk memberhentikan Kabid Koperasi dan UMKM Provinsi Sultra, Rakimu dari jabatannya karena tidak paham tentang koperasi TKBM di pelabuhan.

 

\”Kami meminta pada DPRD Provinsi Sultra agar memanggil Gubernur, Kadis koperasi dan UMKM, dan Kabid koperasi untuk hearing bersama kami,\” ujar Miswan membacakan pernyataan sikapnya.

 

Jika tuntutannya tidak ditindaklanjuti, lanjut Miswan, maka kami akan terus melakukan aksi yang lebih masif dan melakukan pendudukan sampai tuntutan kami ditindak lanjuti.

 

Berusaha menemui Kadis koperasi dan UMKM Provinsi Sultra guna meminta keterangan, namun informasi yang diterma SULTRAKINI.COM dari salah seorang staf, bahwa Kadis sedang berada di Bali mengikuti rapat kerja se Indonesia Timur. Dijadwalkan, Jumat (3/6/2016) baru berada di Kendari.

  • Bagikan