Disdukcapil Konsel Launching Dukcapil Go Digital

SULTRAKINI.COM: KONAWE SELATAN – Untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang inovasi dalam percepatan proses layanan administrasi kependudukan (Adminduk), Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Selatan (Konsel) melakukan peluncuran “Kader Milenial Sadar Adminduk dan Pendudukan Catatan Sipil (Dukcapil) Go Digital, Di lapangan Sepak Bola Punggaluku Kecamatan Laeya, Kamis (19/12/2019).

Kegiatan yang dilaunching Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga tersebut bertujuan untuk mengajak para pelajar menjadi fasilitator, mediator, dan informator dalam memberikan informasi pengurusan dokumen kependudukan yang cepat, tepat dan aman, khususnya di TK, SD, SLTP dan SLTA.

“Launching Go Digital Adminduk tingkat Kabupaten Konsel ini adalah inovasi percepatan pelayanan yang dimulai dari tingkat pusat, dan hari ini kita mulai laksanakan di Konsel, yang penerapannya diharapkan mampu memberikan perubahan paradigma dalam pelayanan kepada publik yang sudah tidak dibatasi dengan ruang dan waktu,” ujar Bupati Konsel, Surunuddin Dangga mengawali sambutannya.

Dengan Go Digital, sambungnya, masyarakat Konsel mudah membuat akta kelahiran hanya di rumah masing-masing melalui perangkat handhone atau laptopnya saja, tanpa harus datang jauh-jauh atau antri di kantor Disdukcapil.

“Ini bentuk inovasi yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, dengan sistem penertiban dokumen kependudukan yang murah, mudah dan akurat, dan bagi pejabat terkaitpun tinggal menandatangani melalui tanda tangan elektronik untuk penertiban KK, Surat Pindah, Akta Kelahiran, dan Akta Kematian,” tuturnya.

“Untuk mendukung Go Digital ini juga, saya perintahkan seluruh OPD, camat, lurah atau kades untuk selalu berkoordinasi, bekerjasama dan membantu program dengan Disdukcapil dalam meningkatkan cakupan dokumen kependudukan dan dalam mengupdate dokumen lainnya agar melampaui target RPJMD 2016 – 2021 dan RPJMN,” sambungnya.

Kampus

Dimana, tandas Surunuddin, semua pihak harus sama-sama berkomitmen menjaga dan meningkatkan pelayanan publik yang lebih luas dan lebih baik di tahun-tahun  mendatang, yang target dan sasarannya bermuara untuk membahagiakan masyarakat menuju Desa Maju Konsel Hebat.

Sedang dalam laporannya, Kadis Disdukcapil Konsel, Nurlita Jaya, mengatakan bahwa kegiatan launching tersebut adalah sebuah gerakan untuk membangun ekosistem pemerintahan yang sadar akan pentingnya adminduk, dan sebagai upaya perlindungan dan pemenuhan hak konstituonal warga negara termasuk hak anak.

Selain itu, Nurlita menjelaskan bahwa dari jumlah penduduk di Konsel 311 615 Jiwa, yang wajib ber KTP 213.293 jiwa, yang telah melakukan perekaman 209.723 atau 98.33%, sisanya sejumlah 3.570 jiwa atau 1.67% belum melakukan perekaman.

Sedangkan kepemilikan Kartu Identitas Anak (KIA) berjumlah 2.305 jiwa dari 103.429 anak yang wajib KIA, olehnya itu, melalui kegiatan ini diharap dapat meningkatkan jumlah pengguna KIA dengan mendorong peran aktif dan kesadaran para generasi milenial memiliki KIA.

Selain pelibatan kader milenial, lanjutnya, pihaknya telah melakukan beberapa inovasi guna meningkatkan cakupan kepemilikan KIA, yakni menyiapkan ruang konseling, membentuk grup kader milenial sebagai layanan informasi di Medsos, dan kerjasama dengan beberapa pihak seperti Wonua Monapa Resort, Toko Buku Al-Fahmi Punggaluku, dan beberapa toko sembako yang tersebar dibeberapa kecamatan, terkait pemanfaatan KIA. cr1

Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.