Iklan Clarion
Festival Pesona Budaya Tua Buton

Disdukcapil Mubar Alihkan Pelayanan Administrasi di Kecamatan Lawa

SULTRAKINI.COM: MUNA BARAT – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Muna Barat (Mubar), mengalihkan pelayanan administrasi kependudukan selama satu hari di Kantor Kecamatan Lawa pada Senin (3 Desember 2018).

Kepala Disdukcapil Mubar, Alimin Ole, menjelaskan pindah pelayanan berkaitan dengan implementasi Gerakan Indonesia Sadar Adminduk atau Gisa. Meski demikian, tidak ada yang berbeda dengan pelayanan sebelumnya. Kali ini, pihaknya melayani perekaman KTP, pembuatan kartu keluarga, dan akta kelahiran

“Tidak ada masalah jaringan, bisa langsung pencetakkan KTP-el,” terang Alimin.

Gisa merupakan gerakan membangun ekosistem pemerintah yang sadar pentingnya administrasi kependudukan. Kesadaran tersebut ditunjukkan dengan empat hal, di antaranya kesadaran pentingnya dokumen kependudukan, pentingnya pemanfaatan data kependudukan, pentingnya pemutakhiran data kependudukan, dan pentingnya pelayanan administrasi kependudukan untuk kebahagiaan rakyat.

Pelayanan berlangung mulai pukul 08.00 Wita sampai 15.00 Wita. Jika pelayanan membludak, Disdukcapil memindahkan pelayanan ke kantor.

Diharapkan, langkah tersebut menjadi penggerak masyarakat untuk sadar administrasi data kependudukan.

Kepala Bidang Kependudukan Disdukcapil Mubar, Laode Nggunu, menambahkan khusus wilayah setempat, masih banyak masyarakat belum merampungkan data kependudukannya sehingga upaya itu mejadi bagian dari penuntasan data kependudukan di lingkungan masyarakat.

“Yang dominasi itu wilayah kepulauan, untuk daratan sudah agak membaik (administrasi). Kalau dulu, saat turun di desa masyarakat memilih ke laut (menangkap ikan) dari pada berurusan kependudukan. Semoga dengan gerakan ini, kesadaran masyarakat lebih meningkat lagi,” jelas Laode Nggunu.

Pantaun SultraKini.Com, pelayanan administrasi dimulai Senin pagi, namun sempat terhambat oleh pemadaman listrik.

Selain Mubar, sejumlah wilayah Sultra sudah melakukan Gisa, misalnya Kabupaten Kolaka Timur.

Laporan: Akhir Sanjaya
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.