Iklan Clarion

Disdukcapil Mubar Giat Perekaman Keliling KTP-el di Tingkat Kecamatan

SULTRAKINI.COM: MUNA BARAT – Dinas kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el). Pihaknya turun langsung ke tingkat kecamatan guna mempercepat proses perekaman. Kali ini, tindakan itu berlangsung di Kecamatan Wadaga.

Pantauan SultraKini.Com, partisipasi masyarakat di Kecamatan Wadaga terbilang rendah melakukan perekaman KTP-el. Pelayanan dibuka sejak 08.00-12.00 Wita, hanya tercatat 28 orang mendaftarkan diri. Batas aktivitas perekaman di wilayah itu sampai 10 Mei mendatang.

[ Klik Banner untuk ke Halaman Registrasi ]

Disdukcapil Mubar sebelumnya telah melakukan hal demikian di Kecamatan Tiworo Utara, Tiworo Selatan, Tiworo Tengah, Tiworo Kepulauan, dan Kecamatan Maginti. Selanjutnya, Kecamatan Lawa dan tiga kecamatan lainnya dijadwalkan berlangsung selama Mei 2018.

Kepala Disdukcapil Mubar, Alimin Ole mengungkapkan Kementerian Dalam Negeri menargetkan secara nasional penuntasan aktivitas tersebut sampai November 2018. Sedangkan Penjabat Gubernur Sultra, Teguh Setyabudi memberikan jadwal sampai Oktober mendatang aktivitas perekaman sudah teratasi. Tetapi, bila ditemukan warga belum melakukan perekaman KTP-el, pihaknya akan kembali turun ke lapangan atau ke tingkat desa berdasarkan jumlah terbanyak.

Diharapkannya, pelayanan tertib administrasi tersebut membantu warga setempat dalam menyalurkan hal pilihnya di Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra periode 2018-2023.

“Kita berharap, tingkat partisipasi masyarakat dalam Pilgub nanti bisa meningkat dengan adanya perekaman keliling ini,” kata Alimin kepada SultraKini.Com, Rabu (9/5/2018).

Tindakan Disdukcapil Mubar mendapat apresiasi dari masyarakat, misalnya Arifin, seorang warga Desa Kampani, Kecamatan Wadaga.

“Tidak perlu jauh-jauh lagi ke kantor Capil karena dengan adanya kegiatan itu cukup bagus bagi kami yang belum melakukan perekaman KTP-el,” ucap Arifin.

 

Laporan: Akhir Sanjaya

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.