SULTRAKINI.COM: MUNA BARAT - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Muna Barat, Sulawesi Tenggara, bakal membangun unit pelayanan terpadu daerah (UPTD) di pesisir wilayah setempat.

Disdukcapil: Wilayah Pesisir Mubar Bakal Dibangunkan UPTD
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Muna Barat (Mubar), Alimin Ole. (Foto: Akhir Sanjaya/SULTRAKINI.COM)

Menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Muna Barat (Mubar), Alimin Ole, pengadaan UPTD di daerah pesisir ditujukan untuk mempermudah jangkauan pelayanan kepada masyarakat. Rencana ini masih diperhitungkan dengan kemampuan keuangan daerah. Sebab perlu dipertimbagkan mengenai kemampuan pembiayaan gedung, personil dan lainnya.

"Kita disini hanya berapa orang pegawai negeri sipilnya. Pembangunan ini direncanakan di Kecamatan Maginti dan Tiworo Utara," terang Alimin ditemui di ruang kerjanya, Selasa (5/12/2017).

Persoalan wilayah penempatan UPTD, Kecamatan Maginti dan Tiworo Utara dianggap minim data kependudukannya. Hal ini juga telah ditekankan oleh Bupati Mubar, terkait pemerataan pelayanan masyarakat sampai daerah kepulauan.

"Dalam tanda kutip, Bupati tetap menyetujui. Tentu kita juga akan melihat skala prioritas, kalau misalnya kita bisa turun langsung melayani disana ya kita turun. Sementara untuk di wilayah daratan, belum direcanakan untuk pembangunan kantor UPTD, karena masih bisa dijangkau, tetapi masyarakat di kepualuan harus menghabiskan waktu berjam-jam," jelas Alimin.

Nantinya, di UPTD tersebut, sejumlah bentuk pelayanan bakal dilakukan. Misalnya, perekaman data bagi yang mengurus kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el), pengurusan Akta Kelahiran, dan Kartu Keluarga.

"Sedangkan untuk cetaknya dipusatkan di kantor Capil," kata Alimin.


Laporan: Akhir Sanjaya

IKLAN KPU IKLAN LION

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations