Disepelekan Pemda, DANDIM 1416/MUNA Tarik Pasukan

SULTRAKINI.COM : MUNA – Peran TNI dalam pengamanan pemilu sangat strategis dan masih dibutuhkan. Namun sayangnya belum ada payung hukum yang jelas tentang tugas pokok dan fungsi serta penganggaran operasional TNI dalam pengamanan Pemilu, sehingga nampaknya masih membuat pemda melihat sebelah mata.

 

Terkait dengan pelaksanaan Pilkada Kabupaten Muna pada Pemilihan Suara Ulang (PSU) di 3 TPS yang berlangsung pada 22 Maret 2016 lalu, DANDIM 1416/Muna Letkol Arh Hendra Gunawan, menyayangkan sikap Pemda Kabupaten Muna yang seakan menyepelekan keberadaan TNI di Kabupaten Muna.

 

\”Beberapa hari setelah Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan diadakan Pemilihan Suara Ulang di 3 TPS Pilkada Kabupaten Muna, kami bersama-sama Polres Muna mengusulkan anggaran yang akan diperuntukkan untuk pengamanan, dari pengusulan Polres Muna, TNI (Kodim 1416/Muna) hanya mendapatkan 30%,\” kata Letkol Arh Hendra Gunawan.

 

Namun, lanjut Letkol Arh Hendra Gunawan, di 3 hari sebelum pelaksanaan PSU Pilkada Muna pada rapat di Rujab Bupati Muna, pos anggaran untuk TNI belum juga turun sementara Polres Muna sudah turun. Sehingga kami menanyakan kepada Dinas Pengelolaan Pendapatan Keuangan Aset Daerah (DPPKADKabupaten Muna, Ratna Ningsih, mengenai alokasi dana tersebut.

yamaha

 

Akan tetapi Ratna Ningsih tidak bisa berbuat apa-apa, dia hanya memberikan solusi kepada kami dengan menawarkan dana untuk pembangunan pospol dan pembangunan karya bakti, padahal dana tersebut bukan untuk kegiatan Pilkada.

\”Ini kan tidak tepat sasaran, makanya saya tolak dan anggota saya tarik,\” ujar Letkol Arh Hendra Gunawan dengan nada kesal.

 

\”Saya yang mengurus dana tersebut, dipingpong sana sini dan akhirnya saya memutuskan tidak mempertanyakan lagi masalah alokasi dana untuk TNI, saya meminta surat kepada mereka yang menyatakan bahwa memang tidak ada alokasi dana yang di peruntukkan TNI dalam kegiatan PSU Pilkada Muna namun surat pun tidak kunjung datang,\” Terang Letkol Arh Hendra Gunawan.

 

Sampai berita ini diturunkan, Kepala DPPKAD Kab. Muna, Ratna Ningsih , belum mau memberikan keterangan.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.