Iklan Clarion

Dishub Muna: Tertinggal Angkutan Umum? Pemudik bisa Naik Bus Gratis

SULTRAKINI.COM: MUNA – Kepolisian Resor Muna menggandeng Pemerintah Daerah Muna dan Muna Barat, Sulawesi Tenggara, untuk menyiapkan bus gratis bagi pemudik 2018. Bus difungsikan untuk menangani lonjakan arus penumpang di tengah keterbatasan angkutan umum.

“Bus gratis kami tekankan untuk mengangkut para penumpang mudik yang tertinggal di pelabuhan, karena minimnya angkutan umum yang beroprasi. Itu karena para supir angkutan lebih memilih rute jarak jauh daripada jarak pendek,” jelas Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Dinas Perhubungan Muna, Mujabar ditemui SultraKini.Com, Senin (11/6/2018).

[ Klik Banner untuk ke Halaman Registrasi ]

Ditambahkannya, terdapat dua titik penyeberangan penyediaan bus gratis tersebut, yakni Pelabuhan Nusantara Raha dengan rute pelabuhan-Kecamatan Duruka-Kecamatan Lohia, dan Pelabuhan Ferry penyeberangan Tampo dengan rute Kecamatan Napabalano-Kota Raha Kabupaten Muna.

“Intinya itu bentuk antisipasi lonjakan penumpang sampai H-1 hari raya Idul Fitri, kita utamakan angkutan penumpang dulu, kami hanya mengangkut para penumpang yang tertinggal di pelabuhan yang tidak termuat. Jadi tidak hanya dari kalangan kurang mampu saja,” terangnya.

Kepala Satuan Polisi Lalu Lintas Polres Muna, IPTU Yontahan, mengatakan telah disiapkan sejumlah pos keamanan (pospam) gabungan yang terdiri dari TNI-Polri, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan dan Jasaraharja untuk melayani kenyamanan dan keamanan para
pemudik di wilayah setempat.

Lokasi Pos Pam tersebut, berada di Pelabuhan Ferry Tampo, Pasar Laino, Pelabuhan Nusantara Raha, dan Kecamatan Tongkuno. Sedangkan Pos Pam di Kabupaten Muna Barat, terletak di Tugu Lagadi, Tugu Sarung Kecamatan Marobea, Tiworo Tengah, serta di Bandara Sugimanuru Kecamatan Kusambi.

“Kita lebih menekankan pada supir angkutan, agar senantiasa memperhatikan keselematan di jalan. Tujuan pos pam selain menjaga ketertiban lalu lintas arus mudik, juga membantu masyarakat yang kesulitan atau sakit saat di perjalanan,” ucap IPTU Yonathan.

Untuk diketahui H-4 jelang hari raya Idul Fitri 1439 Hijiriah Satlantas Polres Muna berkerja sama dengan Dinkes Muna juga mengadakan pengobatan gratis di Pospam pelabuhan nusantara Raha.

 

Laporan: Arto Rasyid
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.