Diskepora Sultra Seleksi Peserta JPI

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Diskepora) Sultra menyeleksi peserta Jambore Pemuda Indonesia (JPI) yang akan mewakili provinsi ketingkat nasional. Rencananya, dari 50 peserta hanya 14 orang yang ditetapkan sebagai peseta jambore yang dilaksanakan di Bangka Belitung, tanggal 5-10 Oktober 2018.

Ketua panitia seleksi JPI, Yamin, menuturkan seleksi tersebut bertujuan untuk mendapatkan peserta terbaik yang diharapkan bisa mengharumkan nama daerah. Olehnya itu, dari 50 peserta utusan setiap kabupaten/kota hanya 14 yang akan diberangkatkan ke Bangka Belitung.

“Kegiatan seleksi ini akan dilaksanakan selama dua hari yakni tanggal 15 hingga 16 September 2018 di Plaza Kubra Kendari. Para peserta akan diseleksi oleh tim oleh Kemenpora dan Diskepora Sultra,” katanya, Sabtu (15/09/2018).

yamaha

Sementara materi dalam peiaksanaan seleksi itu terdiri dari wawasan kebangsaan, dan pemahaman kebudayaan lokal. Kemudian masalah akhlaaq, etika, moral dan budi pekerti, serta kreativitas bidang seni budaya. “Setelan itu terkait senam Poco-Poco nusantara, kreativitas bidang usaha produktif, sertta kesehatan dan kebugaran jasmani,” bebernya.

Sementara itu, Kadiskepora, Jaya Bhakti berharap agar seleksi dilaksanakan secara ketat. Dengan demikian, para peserta terpilih betul-betul memiliki kompetensi untuk bersaing dikancah nasional. Apalagi dalam JPI sebelumnya peserta asal Sultra mampu menggaungkan nama daerah dikancah nasional.

“Kami perlu melaksanakan proses seleksi peserta JPI karena kuota yang diberikan terbatas, sementara yang berminat sebagai peserta cukup banyak. Olehnya itu, kami perlu melakukan seleksi secara ketat untuk memastikan peserta JPI Sultra bisa kembali mengharumkan nama daerah,” tutupnya.

Laporan: M Yusuf
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.