Dispora Konut: Honor Peserta dan Pelatih Paskibraka Dinaikkan

  • Bagikan
Kepala Dispora Konut, Untung Muhayas bersama Sekertaris Dispora Rachman Sorau, Kabid Olahraga Mulianto. (Foto: Istimewa)
Kepala Dispora Konut, Untung Muhayas bersama Sekertaris Dispora Rachman Sorau, Kabid Olahraga Mulianto. (Foto: Istimewa)

SULTRAKINI.COM: KONAWE UTARA – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Konawe Utara (Konut) menyiapkan Rp 848 juta, untuk membiayai kegiatan pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) pada 17 Agustus 2019. Anggaran ini untuk membiayai segala aktivitas kegiatan tersebut.

Kepala Dispora Konut, Untung Muhayas, mengatakan anggaran Rp 848 juta akan digunakan sebagai honor, konsumsi, pakaian peserta dan pelatih, hingga perlengkapan barak, misalnya tempat tidur dan kipas angin.

Dispora juga dibantu TNI/Polri dalam hal seleksi peserta pada 24 Mei lalu di 13 kecamatan di wilayah Konut.

“Hasil seleksi kemarin, ada 70 putra putri terbaik dari sebelas SMA dan dua SMK. Selanjutnya (peserta) mengikuti seleksi terakhir di Kantor Dispora tanggal 15. Kita juga akan merekrut Purna Paskibraka untuk stand by sebagai cadangan, apabila ada yang berhalangan,” jelas Untung Muhayas ketika membersihkan barak Paskibra di dampingi Sekertaris Dispora Rachman Sorau, Jumat (5/7/2019).

Pemda Konut akan menyerahkan peserta kepada pelatih tanggal 17 Juli usai seleksi terakhir. Selama mengikuti latihan, mereka nantinya dikarantina selama sebulan di barak Paskibra Konut, samping Polsek Asera.

“Kami berharap paling tidak kekurangan-kekurangan yang lalu-kita minimalisir. Tahun lalu, ada beberapa item keluhan, seperti perlengkapan barak tidak memadai, air tidak mengalir sehingga kenyamanan bagi peserta kurang,” ucapnya.

Keluhan lainnya, lanjut dia, pakaian paskibra kurang berkualitas, sehingga pihaknya mencarikan bahan berkualitas untuk pakaian mereka.

“Tahun ini honor peserta dan pelatih kita naikkan dari tahun lalu. Usai pelaksanaan paskibra, kita akan berangkatkan mereka untuk refreshing,” tambah penanggung jawab Paskibra sekaligus Ketua Pelaksana HUT RI itu.

Laporan: Arifin Lapotende
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan