Ditangan Surunuddin Konsel Raih Penghargaan LPPD Tiga Tahun Beturut-Turut dari Mendagri 

  • Bagikan
Penghargaan yang diterima Kabupaten Konsel dari Kemendagri (Foto: Ist)
Penghargaan yang diterima Kabupaten Konsel dari Kemendagri (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: KONAWE SELATAN – Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara semasa pemerintahan Bupati Surunuddin dan Wakil Bupati Arsalim, meraih penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia (RI) atas prestasinya di bidang laporan penyelenggaraan pemerintah daerah (LPPD) Tahun 2018-2019.

Penghargaan diberikan Kemendagri kepada Kabupaten Konsel karena mampu menjalankan roda pemerintahan dengan baik selama kurun waktu lima tahun belakangan.

Penyelenggeraan pemerintahan yang baik Kabupaten Konsel tidak terlepas dari kerja keras Bupati Konsel yang saat itu dipimpin oleh Surunuddin Dangga dan Wakil Bupati Konsel Arsalim, bersama seluruh pegawai OPD se- Kabupaten Konsel.

Ditangan Surunuddin yang memimpin Konsel periode 2016-2021, Konsel berhasil meraih penghargaan sudah tiga kali secara berturut-turut.

Surunuddin yang saat ini sementara cuti karena maju di Pilkada Konsel mengaku sangat bangga dengan capaian Pemda Konsel. Penghargaan tersebut merupakan kinerja pemerintah daerah sesuai dengan evaluasi kinerja penyelengaraan pemerintah daerah (EKPPD) Tahun 2018 dengan mekanisme tahun pelaksanaan 2018, lalu dievaluasi Tahun 2019 kemudian diumumkan Tahun 2020. 

“Ini patut kita syukuri, karena ini adalah kerja tim semua, hanya Tahun 2020 belum,” ujar Surunuddin disela-sela kampanyenya di Kecamatan Moramo Utara, Rabu (11/11/2020).

Ia katakan, indikator penilaian Kemendagri hingga Konsel meraih prestasi LPPD Tahun 2018 adalah dinilai mulai dari kinerja pemerintahan desa, pemerintah daerah, kerja-kerja dalam bidang keuangan, kinerja dalam menjalankan rencana pembangunan jangka menengah (RPJM), hingga dalam penanganan masalah masyarakat.

“Indikatornya kinerja pemerintah daerah ini banyak,” jelasnya.

Dikatakan pula, diawal pemerintahannya, capaian LPPD Konsel masih kategori D, tetapi di tahun pertama menjabat sebagai kepala daerah langsung naik dari D menjadi C plus.

Untuk di tahun ketiga ini, Surunuddin mampu menempatkan posisi capaian LPPD Konsel di skor 2.6610 dengan status nilai B plus atau sedikit lagi menuju ke nilai A.

“Memang di Konsel ini tidak mudah, saat saya pertama memimpin, kita star dari bawah mulai dari laporan keuangan hingga capaian LPPD Konsel yang masih kategori D,” katanya.

“Namun Alhamndulilah kita saat ini sudah B Plus, Insyah Allah harapan kedepan kita berikan yang terbaik untuk Konsel,” tambah politisi senior Golkar Sultra ini.

Dengan capaian ini tentunya, dia berharap masyatakat dapat melihat secara utuh. Sebab, menurut Surunuddin prestasi kerja itu bukan hanya sebatas ucapan atau membanggakan diri, namun yang terpenting adalah bekerja, dan pada akhirnya kinerja itu akan dinilai dari berbagai sudut pandang.

“Intinya saya itu selalu bekerja, dan tidak mau menilai diri saya sendiri, nanti orang yang menilai. Karena saya sadar, sebagai manusia pasti banyak kekurangan,” tukasnya. (C)

Laporan: La Niati
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan