Iklan Clarion

Diterjang Puting Beliung, Rutan Unaaha Rusak Parah

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Angin puting beliung yang menerjang wilayah Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Unaaha. Akibatnya, sejumlah atap bangunan gedung Rutan mengalami kerusakan yang cukup parah.

Video amatir yang berhasil direkam warga pengunjung Rutan memperlihatkan, betapa dahsyatnya angin puting beliung yang melintasi area Rutan. Angin yang berputar putar-putar itu tampak menggilas dan menerbangkan atap masjid dalam Rutan. Dari rekaman tersebut tampak situasi yang mencekam. Terdengar bel tanda darurat dan teriakan dari petugas yang mengintruksikan para tahanan untuk berlindung ke dalam ruangan.  Peristiwa itu terjadi pada, Senin (12/12/2016), sekira pukul 15.45 Wita. 

Kepala Rutan Kelas II B Unaaha, Abdul Samad, saat dikonfirmasi terkait peristiwa tersebut mengatakan, kerusakan parah terjadi pada beberapa bangunan Rutan. Bangunan tersebut antara lain, masjid, kantor, blok hunian, bagian dapur dan aula Rutan. Rata-rata bangunan mengalami kerusakan pada bagian atapnya. Selain itu, antena pemancar wivi juga juga ikut rusak. 

“Untuk sementara total kerugian yang kami taksir dari kejadian ini mencapai Rp200 juta,” ujarnya via telepon selular, Selasa (13/12/2016).

Untuk saat ini lanjut Samad, pihaknya baru melakukan upaya tanggap darurta dengan membenahi seadanya bangunan yang dapat diperbaiki. Kata dia, tim dari Kekenkumham Sultra sudah bekunjung untuk melakukan pendataan kerusakan. 

“Saat ini suasana rutan sudah kondusif. 262 tahanan yang ada di dalamnya sudah beraktivitas seperti biasa,” tandasnya.

Reprter: Mas Jaya

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.