DKP Mubar Percepat Pendataan Kusuka Warga Diminta Proaktif

SULTRAKINI.COM: MUNA BARAT – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Muna Barat (Mubar) terus berupaya mempercepat pendataan program Kartu Pelaku Usaha Bidang Kelautan dan Perikanan (Kusuka) sebagai upaya peningkatan integrasi data nasional.

“Kami menargetkan Tahun 2022 semua nelayan selesai pendataanya,” ungkap La Djono, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Mubar saat ditemui di pelataran Kantor Bupati Mubar,  Senin, (15/3/2021).

Ia memaparkan, berdasarkan data DKP, jumlah nelayan yang tersebar di seluruh pesisir wilayah Muna Barat mencapai 6.000 orang. Namun yang baru memiliki kartu nelayan baru dikisaran 1.000 orang.

“Ada 6.000 nelayan yang terdata, namun baru sekitar 1.000 orang yang memiliki kartu Nelayan,” ujarnya.

La Djono juga memaparkan, minimnya masyarakat yang mendapatkan kartu itu dikarenakan nelayan tidak pro aktif dalam mengurus kartu tersebut.

“Masyarakat nelayan tidak pro aktif, sehingga kami turun langsung dilapangan,” terangnya.

Olehnya itu, ia berharap agar masyarakat nelayan yang tersebar di pesisir pantai Muna Barat untuk aktif terlibat dalam mensukseskan pendataan ini, mengingat kartu ini sangat bermanfaat bagi masyarakat nelayan itu sendiri.

“Dengan kartu ini, nelayan tidak perlu lagi was-was dalam berlayar, apabila ada kecelakaan maka mendapatkan asuransi, baik itu luka ringan, berat maupun meninggal dunia,” tutupnya. (C)

Laporan: Hasan Jufri
Editor: Hasrul Tamrin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.