SUARA

DKP Wakatobi Diberi DAK Rp9 Miliar oleh Pemerintah Pusat

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Tahun ini Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Wakatobi mendapatkan bantuan anggaran infrastruktur perikanan cukup besar, yaitu Rp9 miliar, lebih banyak ketimbang tahun 2015 lalu.

Kepala Dinas KP, Wakatobi Nadjib Prasyad kepada SULTRAKINI.COM mengatakan, dana sebanyak itu diperoleh melalui dua instasi kementerian pusat yakin Kementerian Desa dan Kementerian Keluatan dan Perikanan. Dana itu nantinya akan diperuntukan pada sarana perkembangan infrastuktur perikanan.

“Dana Rp9 M ini kami akan bangunkan sarana perikanan daerah berupa bangunan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di dua pulau Wangiwangi dan Tomia,” katanya.

Bantuan DAK terkait dana infrastuktur perikanan tahun ini meningkat, Kata Nadjib, namun disisi lain dana DAK reguler malah menurun. Hal ini tak secara langsung dirincikan olehnya.

yamaha

“Untuk tahun ini DAK reguler menurun dari Rp4 miliar lebih turun menjadi angka Rp8 ratusan jutaan. Tetapi untuk tahun 2016 ini secara total dana DAK yang dikelola oleh DKP meningkat,” ujarnya.

Seingatnya, bantuan DAK infrastruktur itu baru pertama kali diturunkan pemerintah pusat. Kendati demikian, sesuai dengan peruntukannya, maka dana itu akan digunakan pada bangunan sarana perikanan, TPI.

“Kebetulan kita belum miliki bangunan TPI. Hal itu juga sesuai dengan peruntukan bantuan pemerintah pusat untuk daerah. Sedangkan untuk DAK regular tadi, nantinya akan kita imbangi dengan program pengelolaan perikanan,” tutupnya.

Editor: Gugus Suryaman

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.