DLH Konawe Optimis Pertahankan Adipura Buana Kedua

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Dinas Lingkungan Hidup terus menggenjot penataan Ibu Kota Konawe, Unaaha. Instansi tersebut optimis, pihaknya bisa mempertahankan Adipura Buana kedua di masa pemerintahan Kery Saiful Konggoasa dan Parinringi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Konawe, H. Asrul Banipal menuturkan, saat ini penilaian Adipura tahun 2017 sudah memasuki tahap kedua. Bulan Februari ini, tim penilai dari pusat akan bertandang ke Konawe melakukan penilaian. Asrul optimis bisa mendapatkan penilaian yang baik, karena semua kriteria telah dipenuhi oleh DLH.

”Kriteria untuk kembali mendapatkan Adipura Buana sudah kita penuhi. Bahkan pada penilaian tahap satu yang lalu kita sudah mendapat nilai 75,68 persen. Ini artinya posisi kita sudah aman. Tinggal membenahi hal yang bersifat non-fisik. Kemudian nanti ada ekspos dan presentasi di kementerian,” jelasnya.

Asrul menjelaskan, hingga saat ini pihaknya terus meningkatkan pembenahan di Tempat Pembuangan Akhir. Saat ini, TPA Konawe sudah menerapkan sanitary landfill, yang mana sampah yang ditumpuk dan dipadatkan pada lahan cekung akan langsung ditimbun.

“Selanjutnya, di sana pula akan kami praktikan pengolahan gas metan yang dihasilkan dari sampah-sampah yang telah ditimbun. Ini adalah salah satu langkah kita menuju Adipura Kirana,” tandasnya.

Laporan: Mas Jaya

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.