SUARA

DLHK: 10 Bak TPS Bakal Disebar di Kota Kendari

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari berencana menambah 10 unit bak Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang akan difokuskan pada daerah-daerah padat pemukiman pada tahun anggaran 2018.

“Tahun ini kami menganggarkan pembuatan 10 bak TPS. Jadi, satu TPS itu anggaranya sekitar 15 juta yang difokuskan di daerah-daerah yang padat pemukiman,” kata Pelaksana Tugas Kepala DLHK Kendari, Moh. Nur Rasak, Selasa (6/2/2017). 

Penambahan bak sampah merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah setempat melihat persoalan lingkungan di Kota Kendari. Selain itu, bertujuan mempertahankan predikat Kota Adipura.

Menurutnya, pengadaan TPS kebanyakan dibongkar oleh masyarakat. Dengan alasan penempatannya berada di depan rumah warga. Meminimalisir kejadian itu, dia menyarankan perlu ada koordinasi antara pihak kelurahan dan RT terkait penempatan bak TPS.

yamaha

“Harus ada koordinasi, karena kalau dibangun tanpa koordinasi percuma saja. Kita ini pakai uang negara, jadi rencana tempat yang telah disepakati harus jelas, jangan sampai setelah sudah dibangun, kemudian dibongkar lagi oleh masyarakat,” terangnya.

Dia berharap, masyarakat bisa menjaga bak TPS yang telah sediakan di lingkungan setempat. Serta menghimbau membuang sampah pada tempatnya.

“Semoga dengan pembuatan TPS baru nanti, masyarakat tidak membongkarnya lagi, sehingga sampah yang dibuang tidak berserakan di pinggir jalan,” jelasnya.

Laporan: Hasrul Tamrin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.