Iklan Clarion

Dosen FISIP UHO Siapkan Mahasiswa Terampil Menghadapi Revolusi Industri 4.0

SULTRAKINI.COM: Empat dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Halu Oleo (UHO) menginisiasi pelaksanaan pelatihan penerapan teknologi komunikasi dan informasi pada proses pembelajaran menghadapi era revolusi industri 4.0.

Mereka adalah Hasriani Amin, S.Sos., M.Si, Siti Utami Rezkiawaty Kamil, S.Sos.,M.I.Kom, Saidin, S.Sos, M.Si dan Dr. Ambo Upe, S.Sos, M.Si.

Pelatihan berlangsung di salah satu warkop di Kota Kendari, Sabtu (17 November 2018) diikuti sejumlah dosen dan mahasiswa FISIP UHO.

Ketua tim, Hasriani Amin menjelaskan pelatihan bertujuan meningkatkan ketrampilan dan kompetensi menghadapi tantangan besar era Revolusi Industri 4.0. Perubahan pola baru ini berdampak pada disrupsi era dimana terciptanya jabatan dan keterampilan kerja baru dan hilangnya beberapa jabatan dan kerja lama pada saat bersamaan.

“Revolusi industri 4.0 merupakan integrasi pemanfaatan internet dengan lini produksi di dunia industri, ini pula yang coba diadaptasi oleh pelatihanan ini dimana integrasi pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi dalam proses pembelajaran di kampus khususnya pada Jurusan Ilmu Komunikasi,” jelas Hariani.

Hal senada diungkapkan oleh Ambo Upe bahwa era internet of things menuntut iklim pembelajaran di kampus beradaptasi pada perubahan yang cepat, jika tak mau kalah saing dalam menghasilkan lulusan berkualitas, terampil dan inovatif.

Pada pelatihan ini diperkenalkan pula bagaimana adaptasi teknologi komunikasi dan informasi yang diterapkan dalam proses pembelajaran di jurusan Ilmu Komunikasi, salah satunya adalah hadirnya smartcard yang digunakan dalam praktikum laboratorium Jurusan Ilmu Komunikasi.

“Kartu ini secara teknis adalah kartu kontrol laboratorium jurusan ilmu komunikasi, dimana telah menggunakan QR Code yang jika proses scanning dilakukan akan mampu menerjemahkan identitas mahasiswa jurusan ilmu komunikasi, semua data mahasiswa ini sudah terintegrasi dalam bank data di website jurusan ilmu komunikasi. Kartu ini selain menjadi kartu kontrol praktikum juga sekaligus dapat berfungsi sebagai kartu kehadiran mahasiswa,” kata Kepala Laboratorium Jurusan Ilmu Komunikasi, Sitti Utami Rezkiawaty Kamil kepada SultraKini.com.

Melalui pelatihan tersebut dosen FISIP berharap ke depannya dapat menerapkan teknologi secara maksimal dalam proses belajar mengajar.

“Berharap dapat mengadaptasi teknologi komunikasi dan informasi dalam proses pembelajarannya dan yang terpenting adalah mahasiswa akan mampu bersaing di Era Revolusi Industri 4.0,” harap Saidin.

Laporan: Shen Keanu

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.