Iklan Clarion
Festival Pesona Budaya Tua Buton

DPD RI Lakukan Pengawasan Pilkada di 171 Daerah

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI– Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 27 Juni 2018 nanti, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI melakukan pengawasan langsung di 171 daerah yang melaksanakan Pilkada mulai pada 25 sampai 27 Juni 2018 nanti.

Untuk Sulawesi Tenggara (Sultra), anggota Komite I DPD RI, Yusran A. Silondae yang melakukan pengawasan di KPU Sultra, Bawaslu, dan Polda Sultra.

Saat melakukan pengawasan di KPU Sultra, Yusran A. Silondae mengatakan memasuki masa tenang, maka pihaknya ingin mendapatkan informasi dan data terkait dengan beberapa hal atas kesiapan KPUD dan Bawaslu sebagai penyelenggara Pilkada.

“Informasi yang dimaksud seperti pertama, Kesiapan berkaitan dengan tahapan, jadwal dan program yang telah dilakukan oleh KPU Propinsi dan Bawaslu propinsi. Kedua, Kesiapan berkaitan dengan validitas data pemilih, kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS), logistik pemilu dan kesiapan lokasi TPS dan target partisipasi dalam Pilkada 2018. Ketiga, berkaitan dengan temuan-temuan pelanggaran, kasus hukum maupun sengketa dalam pelaksanaan pilkada yang yang ada dan berpotensi mengganggu pelaksanaan Pilkada.” Kata Yusran A. Silondae, Senin (25/6/2018)

Menurutnya, pengawasan ini bukan hanya untuk memastikan seluruh tahapan penyelenggaraan Pilkada dapat terlaksana dengan baik, namun juga pengawasan dari Komite I DPD RI sebagai bentuk komitmen menjaga pelaksanaan demokrasi lokal bisa sesuai dengan ketentuan undang-undang (UU) dan adanya peningkatan kualitas demokrasi di daerah.

Lebih jauh, Yusran A. Silondae menjelaskan kegiatan pengawasan ini merupakan evaluasi atas implementasi UU No. 10 Tahun 2016 agar tujuan dan cita-cita konstitusi dapat diwujudkan.

Mantan Plt. Gubernur Sultra itu, berharap partisipasi semua pihak dalam mengawal Pilkada serentak ini agar menciptakan iklim demokrasi dan memiliki output bagi pembangunan di Sultra yang lebih baik.

Laporan: Amran Mustar Ode
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.