DPP LAT Sultra Gelar Pelatihan Siber Tangkal Hoaks

  • Bagikan
Pelatihan Duta Siber Tolaki Indonesia. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: Antisipasi maraknya informasi hoaks dan ujaran kebencian di media sosial, DPP Lembaga Adat Tolaki (LAT) Provinsi Sulawesi Tenggara menggelar Pelatihan Duta Siber Tolaki Indonesia (Deteksi) di Fortune Hotel Kendari, Jumat (20/11/2020). Peserta pelatihan dilatih meningkatkan kemampuan penanganan pertama terhadap informasi yang meresahkan masyarakat di media sosial.

Pelatihan Duta Siber Tolaki Indonesia juga bekerja sama dengan Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sultra. Kegiatan dibuka oleh Dir Krimsus Polda Sultra, Kombes Pol Heri Tri Maryad dengan mengusung tagline Patroli Siber, Senyap dan Sergap Satu Klik Mengubah Duniamu.

Kegiatan ini turut dihadiri Ketua DPP LAT Sultra Masyhur Masie Abunawas, Wakil Wali Kota Kendari Siska Karina Imran, Kasi Intel Korem 143/HO dan Ketua LBH Anawonua

Masyhur Masie mengapresiasi pelatihan Siber tersebut, terutama dari Polda Sultra atas fasilitasi serta bimbingannya. Ia menilai, interaksi di media sosial terdapat kerawanan.

“(lewat) Pelatihan ini, efek negatif bisa diatasi dan dapat jadikan pedoman, media sosial digunakan sebaik-baiknya dan sebijaksana mungkin agar menghindari konsekuensi yang tidak baik,” ucapnya.

Sementara itu, Direktur Krimsus Polda Sultra, Kombes Pol Heri Tri Maryadi, mengatakan pelatihan tersebut telah lama direncanakan dengan tujuan mengumpulkan informasi terkait pelaku kejahatan siber dan memahami langkah penyelesaian masalah. Sekaligus menjadi kader produktivitas di lingkungan masyarakat untuk menciptakan situasi aman dan nyaman.

“Saya berpesan, waspada provokasi dan adu domba apalagi terkait SARA, ” ucapnya. (C)

Laporan: Riswan
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan