DPP Nasdem Rekomendasikan Surunuddin Dangga di Pilkada Konsel

SULTRAKIMI.COM:KENDARI – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem telah memutuskan bakal calon yang akan diusung di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) 2020. 

Rekomendasi Partai NasDem bernomor: 095-SI/RP/DPP-NasDem/III/2020 tanggal 11 Maret 2020 yang ditandatangani oleh Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP Partai NasDem, Ahmad H M. Ali dan Ketua Kordinator Pemenangan Pemilu, Prananda Surya Paloh ditujukan kepada Surunuddin Dangga sebagai calon Bupati Konsel periode 2020-2025.

Dalam surat itu dijelaskan bahwa rekomendasi berdasarkan hasil penjaringan dan penyaringan sesuai mekanisme internal Partai NasDem dalam rangka Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, sehingga DPP Partai NasDem memerintahkan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Nasdem Konsel untuk melakukan komunikasi politik dengan partai lain untuk mencari pendamping Surunuddin.

“DPP Partai NasDem memerintahkan DPD Nasdem Konsel untuk bersama-sama dengan calon tersebut di atas untuk melakukan komunikasi politik dengan partai-partai lain guna mencari calon pasangan wakil bupati untuk memenuhi syarat pencalonan ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Konsel dan melakukan konsolidasi internal guna mendukung pencalonan,” bunyi salah satu poin rekomendasi tersebut.

Bunyi poin berikutnya yaitu memerintahkan Surunuddin Dangga untuk memenuhi persyaratan pencalonan ke KPUD Konsel sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Selanjutnya melaporkan hasilnya kepada DPP selambat-lambatnya 14 hari sebelum dibukanya masa pendaftaran pencalonan Pilkada.

Disampaikan bahwa rekomendasi itu berlaku hingga dikeluarkannya SK DPP Partai NasDem tentang persetujuan pasangan calon bupati dan wakil bupati Konsel yang menjadi persyaratan pendaftaran pasangan calon ke KPUD Konsel.

gemilang simpeda bank sultra

Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Sultra, La Ode Ikhsanuddin Saafi, membenarkan surat rekomendasi yang ditujukan kepada Surunuddin Dangga dalam Pilkada serentak tersebut.

“Iya benar surat rekomendasinya, hari Minggu kita akan serahkan. Dari tujuh daerah yang akan melakukan Pilkada, Partai Masdem belum semua mengeluarkan rekomendasi,” ujarnya, Jumat (13/3/2020).

La Ode Ikhsanuddin Saafi membeberkan, alasan partai besutan Surya Poloh merekomendasikan Surunuddin Dangga di Pilkada Konsel yaitu karena berdasarkan hasil survei yang sudah dilakukan oleh salah satu lembaga survei dari semua bakal calon, Surunuddin menduduki posisi tertinggi. Meski begitu, ia mengaku tidak mengetahui secara pasti berapa persen hasil survei itu.

“Salah satu indikator dari peraturan organisasi kita adalah hasil survei. Berdasarkan hasil survei dari semua bakal calon Bupati pada Pilkada di Konsel Pak Surunuddin paling tertinggi,” jelasnya.

Untuk pendamping Surunuddin tersebut kata La Ode Ikhsanuddin Saafi, pihaknya akan mendorong Ketua DPD Nasdem Konsel, meski begitu keputusannya diserahkan kepada calon itu dan hasil survei.

“Kita sih maunya dorong Ketua DPD Konsel, Tasman Lamuse. Kita maunya seperti itu, karena dia juga anggota DPRD dan Ketua Fraksi di Konsel, namun semuanya itu kita ukur, calon kosong satulah yang menetukan nanti,” jelasnya.

Laporan: La Niati
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.