DPRD Kolaka Setujui RAPBD Perubahan 2017

  • Bagikan
Penyerahan APBD perubahan 2017 dari Wakil Ketua DPRD Kolaka Sudirman kepada Bupati Kolaka Ahmad Safei. (Foto: Mirwan/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KOLAKA – DPRD Kolaka menyetujui APBD Perubahan 2017 melalui rapat paripurna, Rabu (20/9/2017).

Sebelum disetujui, rapat yang dipimpin Ketua DPRD Kolaka, Syakhruddin ini, dilakukan pembacaan laporan komisi melalui Indiawati. Kata dia, tiga komisi telah menyetujui APBD-P Kolaka tersebut. “Setelah melalui pembahasan dengan mitra-mitra SKPD, secara umum Komisi-Komisi menyetujui RAPBD tersebut,” kata Indiawati dalam rapat.

Sementar Bupati Kolaka, Ahmad Safei pada pendapat akhirnya mengatakan, sebagaimana disampaikan dan telah dibahas bersama dalam perubahan kebijakan umum anggaran (KUA) dan perubahan prioritas plafon anggaran sementara (PPAS) tahun 2017. APBD-P memuat anggaran pendapatan, belanja dan pembiayaan dimaksudkan untuk mengimplementasikan tugas-tugas desentralisasi dan mendukung tugas dekonsentrasi.

Menurutnya, tugas dan pembantuan yang dijabarkan dalam bidang program satuan kerja perangkat daerah (SKPD), untuk lebih mempertajam target program dan kegiatan prioritas Pemerintah daerah.

Setelah melalui proses pembahasan lanjut Safei, APBD perubahan disetujui senilai Rp1.171 triliun atau mengalami kenaikan sebesar 1,78 persen.

“Anggaran APBD perubahan kita naik sekitar 1,78 persen,” ucap Safei.

APBD 2017 setelah perubahan menjadi Rp 1,171 triliun yang terdiri dari komponen belanja daerah Rp 1,16 triliun dan komponen penerimaan pembiayaan lebih dari Rp16 miliar. Sementara pengeluaran pembiayaan Rp 4.5 miliar. Dengan disetujuinya APBD-P, selanjutnya akan dikonsultasikan dan dievaluasi kepada Gubernur Sulawei Tenggara untuk dijadikan peraturan daerah tentang perubahan.

“Kami sampaikan rasa terima kasih yang setinggi-tingginya kepada tim TAPD dan badan anggaran DPRD, sehingga APBD-P dapat diselesaikan dengan cepat, transparan, dan akuntabel,”ujar Safei.

Sementara delapan fraksi menyatakan setuju perubahan anggaran dibahas dan dievaluasi oleh Gubernur Sultra.

Laporan: Mirwan/Suparman Sultan

  • Bagikan