DPRD Konkep Minta Bupati Segera Bentuk Lembaga Perusda

  • Bagikan
Wakil Ketua II DPRD Konawe Kepulauan, Jaswan. (Foto: Karvin/SULTRAKINI.COM)
Wakil Ketua II DPRD Konawe Kepulauan, Jaswan. (Foto: Karvin/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KONAWE KEPULAUAN – Wakil Ketua II DPRD Konawe Kepulauan, Jaswan, mengatakan keberadaan lembaga Perusahaan Daerah (Perusda) di di wilayah Konkep, Sulawesi Tenggara, bakal membantu kerja pemerintah.

Lembaga tersebut misalnya diperuntukkan mengurus potensi aset daerah berupa pengelolaan pasar dan PDAM. Saat ini sudah beroperasi pasar kabupaten dan beberapa pasar di kecamatan, namun pengelolaannya belum jelas. Faktanya, sampai saat ini belum ada pemasukan berupa retribusi penggunaan pasar. Kemudian akhir tahun ini, PDAM di ibukota kabupaten bakal menyuplai kebutuhan air bersih, tapi sayangnya belum ada lembaganya yang bakal mengelola sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Kata dia, sejumlah pasar di kecamatan yang sudah dibangun pemerintah, harusnya sudah memberikan nilai tambah terhadap PAD. Begitu juga proyek air bersih di enam kecamatan, mestinya sudah memberikan PAD. Tapi malah tak terurus. Olehnya itu, secara kelembagaan, DPRD Konkep berharap pihak eksekutif dalam hal ini bupati segera membentuk lembaganya. Kalau perlu nanti siapa yang akan menduduki Direktur Perusda harus melalui uji kelayakan di DPRD.

“Kita dorong Pemda segera membentuk lembaga Perusda demi menggenjot potensi PAD. Kami di DPRD juga menunggu, kalau nanti diperlukan untuk dilakukan fit and proper test terhadap pimpinan Perusda. Kita semua berharap, daerah yang umurnya 6 tahun ini segera berbenah demi kemajuan bersama,” ujar politisi Partai Demokrat itu kepada SultraKini.Com, Selasa (7/8/2018).

Untuk PDAM, lanjutnya, bakal menyuplai kebutuhan air bersih di ibu kota akhir tahun ini. Anggarannya sudah siap sekira Rp9 miliar untuk melanjutkan pemasangan pipa induk dan jaringannya yang akan masuk ke rumah-rumah warga.

“Kasihan daerah ini kalau dalam proses pemerintahannya tidak bergerak cepat, padahal banyak hal yang harus kita kebut,” ucapnya.

Laporan: Kalvin
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan