DPW PPNI Sultra Fokus Perjuangkan Nasib Perawat

  • Bagikan
Ketua DPW PPNI Sultra, Haryanto saat menyampaikan sambutan dalam acara pelantikan pengurus DPW PPNI, Sabtu (4/6/2016), (Foto: Maul Gani/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM:KENDARI – Pengurus DPW Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Sultra dibawah komando Haryanto sebagai Ketua Umum, tengah fokus memperjuangkan nasib perawat khususnya yang tersebar di seluruh wilayah 17 Kabupaten Kota.

 

Salah satu program yang digalang bersama pemerintah daerah adalah penyebaran tenaga perawat yang akan melayani masyarakat hingga ke daerah pelosok.

 

\”Kita saat ini bekerjasama dengan pemerintah Provinsi dan Kabupaten Kota yakni program satu perawat satu desa,\” ujar Ketua DPW PPNI setelah acara pelantikan dan pengukuhan pengurus di salah satu hotel di Kota Kendari, Sabtu (4/6/2016).

 

Saat ini menurut dia tenaga perawat sudah cukup untuk program tersebut, mengingat gelombang lulusan dari berbagai Akademi di Sultra cukup banyak. \”Tinggal persiapan regulasi saja dengan pemerintah daerah, kita berharap dapat dituangkan melalui perda,\” katanya.

 

Haryanto juga menegaskan, jika memperjuangkan kesejahteraan perawat bukan hanya tanggung jawab PPNI melainkan tetapi juga membutuhkan peran aktif pemerintah daerah. \”Ada perawat kita yang bekerja hingga daerah pelosok dengan akses yang sangat sulit, tetapi demi pengabdian itu harus diemban,\” tuturnya.

 

Ditambahkannya, hingga saat ini belum ada penghargaan yang diberikan kepada pengabdian perawat utamanya di wilayah pesisir, terpencil dengan akses yang sulit dengan rumahsakit. \”Kita sudah agendakan, sebaiknya ada reward kepada petugas medis yang berjuang membantu warga-warga di pelosok,\” paparnya.

 

Sementara itu, Asisten II Pemerintah Provinsi, mewakili Gubernur Sultra, Ketut Puspa Andyana mengaku, PPNI sudah sangat berkontribusi terhadap kemajuan daerah utamanya di bidang kesehatan dan pengabdian terhadap masyarakat Sultra.

 

\”Pemerintah Provinsi pasti akan menyambut baik kebijakan yang dikeluarkan PPNI sebab ini sangat positif. Pemerintah akan menyiapkan regulasi, anggaran untuk mendukung kegiatan keperawatan, kalau perlu kita bersama-sama meyakinkan gubernur,\” katanya.

 

 

  • Bagikan