Dua Kecamatan di Buton Dapat Pengadaan Panen Air Hujan dari BNPB

SULTRAKINI.COM: BUTON – Dua kecamatan di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) mendapat bantuan pengadaan panen air hujan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pemerintah pusat melalui BPBD Buton. Kedua kecamatan itu yakni Kecamatan Pasarwajo dan Wabula.

Kepala pelaksana BPBD Kabupaten Buton, Manafu, mengatakan bantuan pengadaan panen air hujan tersebut diprioritaskan bagi desa atau wilayah-wilayah yang mengalami kekeringan akibat adanya musim kemarau.

“Terkait bencana kekeringan ini, kita ada kerjasama dengan BNPB langsung terkait dengan pengadaan panen air hujan, kita sudah tinjau beberapa kecamatan yang kita prioritaskan terutama Pasarwajo dan Wabula, jadi di wabula ada beberapa desa memang kering betul disitu,” kata Manafu kepada Sultrakini.com saat di temui di kompleks perkantoran bupati di Takawa, Pasarwajo, Jumat (31/8/2018).

Disebutkannya, khusus Kecamatan Wabula antara lain yaitu Desa Holimombo, Wasuemba, dan Wabula satu titik. Sedangkan Kecamatan Pasarwajo yaitu Desa Holimombo Jaya ada tiga titik. Dan pada tahap pertama tahun ini Kabupaten Buton baru mendapat 20 titik panen hujan dari BNPB pusat.

Manafu menjelaskan, fungsi panen air hujan tersebut yaitu untuk menampung air hujan yang dapat digunakan masyarakat setempat saat musim kemarau tiba. Diakuinya, pengadaan panen air hujan baru kali pertama diberikan kepada Pemda Buton.

“Jadi kebetulan ditahap pertama ini kita dapat 20 titik untuk panen air hujan jadi, disitu ada tando atau wadahnya yang disiapkan, kita tinggal bawah kedesa-desa yang betul- betul mengalami kekeringan sehingga masyarakat bisa langsung merasakan bantuan itu,” jelasnya.

“Ya, kami disini tinggal pasang saja di desa-desa yang mengalami kekeringan itu, sedangkan pengadaannya sudah disiapkan memang dari sana (BNPB) pusat,” pungkasnya.

Laporan: La Ode Ali
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.