Dua Kecamatan di Butur Diterjang Banjir Bandang, Dua Rumah Hanyut ke Laut

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Empat desa pada dua kecamatan di kabupaten Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara (Sultra), diterjang banjir bandang, Sabtu (23/6/2018).

Dua rumah warga di kecamatan Kulisusu Utara, dilaporkan hanyut terbawa banjir hingga kelaut. Sementara dua rumah warga lainnya di Desa Lasiwa, Kecamatan Wakurumba Utara, dikepung banjir.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Butur, menunjukan tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut.

“Banjir mulai datang pada Jumat kemarin, diperkirakan pukul 15.00 wita dan berlanjut sampai hari ini Sabtu (23/6/2018) pagi. Satu orang warga sempat terseret arus banjir, namun berhasil dievakuasi dengan selamat,” ujar Kepala BPBD Butur, Laode Muhammad Yurif Halir, Sabtu (23/6/2018).

Menurut Yurif, banjir bandang disebabkan karena hujan deras yang mengguyur wilayah Butur hingga salah satu sungai di kecamatan Torombia meluap.

“Langkah yang kami ambil pasca kejadian itu adalah dengan memberikan bantuan logistik seperti peralatan dapur, pakaian dan beberapa stok makanan ringan yang masih kita punya. hal ini juga segera akan kita koordinasikan dengan Dinas Sosial untuk tindaklanjut langkah selanjutnya,” terangnya.

Yurif menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap bencana alam yang terjadi dan segera mengungsi sementara ketempat yang aman dan bebas dari lokasi banjir.

“Kita berharap semoga musibah ini cepat selesai sehingga masyarakat dapat kembali ketempat tinggalnya masing-masing,” kata Yurif.

Laporan : Wayan Sukanta
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.