Dua Kecamatan di Mubar akan Didirikan Puskesmas

SULTRAKINI.COM: MUNA BARAT – Demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di Muna Barat (Mubar), Dinas Kesehatan setempat membangun dua puskesmas di Desa Marobe, Kecamatan Sawerigadi dan Kecamatan Kusambi.

Kedua puskesmas itu dinamakan Puskesmas Marobea dilokasikan di Kecamatan Sawerigadi dan Puskesmas Sidamangura dibangun di Kecamatan Kusambi.

Puskesmas Marobe nantinya dibangun menggunakan dana alokasi khusus (DAK) senilai lebih dari Rp 2 miliar dengan desain bangunan dua lantai. Namun bangunan masih belum dilengkapi fasilitas lengkap seperti ruang inap dan perlengkapan persalinan. Sedangkan Puskesmas Sidamangura menggunakan dana alokasi umum (DAU) lebih dari Rp 876 juta.

Pihaknya juga mendapat bantuan tiga unit ambulance bersumber dari DAK senilai lebih dari Rp 695 juta.

“Peningkatan fasilitas kesehatan ini juga bertujuan, kedepan masyarakat tidak perlu ke ruma sakit kalau masih bisa ditangani di puskesmas,” kata Kepala Dinas Kesehatan Mubar, Laode Mahajaya, Jumat (29/7/2017).

Mubar hingga kini memiliki 15 puskesmas. Tetapi pelayanan dengan sarana ruang inap masih dimiliki tiga puskesmas, yakni Puskesmas Lawa, Tikep (Tiworo Kepulauan) dan Puskesmas Sidamangura.

“Nantinya Puskesmas Marobe akan dilengkapi dengan ruangan inap,” terang Mahajaya.

Laporan: Akhir Sanjaya

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.